Pelabuhan Darat atau Dry Port Semakin Diminati

0
374
Cikarang Dry Port. (Foto: Jababeka)
Cikarang Dry Port. (Foto: Jababeka)

Cikarang – (suaracargo.com)

Pelabuhan darat kini sepertinya mulai banyak dilirik perusahaan logistik (shipper). Tidak sedikit perusahaan pengiriman yang memindahkan kegiatannya dari pelabuhan laut.

Fakta ini dapat dilihat pada jumlah perusahaan yang menjadi konsumen Cikarang Dry Port. Jika pada 2012 hanya ada tujuh shipper, hingga Oktober 2014 sudah ada 300 lebih shipper dan buyer yang memindahkan kegiatannya dari Tanjung Priok ke Cikarang Dry Port.

“Cikarang Dry Port berhasil membuktikan sebagai pelabuhan yang terintegrasi pertama di Indonesia. Kami juga siap mendukung dan memperlancar dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok,” ujar Benny Woenardi, Managing Director PT Cikarang Inland Port, pengelola Cikarang Dry Port (CDP), seusai menerima Supply Chain Asia Award 2014, di Singapura.

Melalui keterangan tertulisnya, Jumat 21 November 2014, yang dilansir oleh viva.co.id, Benny mengatakan, peningkatan jumlah layanan jasa kepelabuhan ini berdampak pada kapasitas pemakaian lahan di CDP. Total kapasitas daya tampung kontainer per tahun di CDP mencapai 400-500 ribu TEUs, saat ini sudah terpakai 46 hingga 52 persen.

Dengan luas lahan yang tersedia, nantinya CDP diklaim dapat menampung kapasitas layanan kontainer hingga 2,5 juta TEUs per tahun. Hingga saat ini, proses distribusi yang dilakukan oleh CDP, tidak hanya melayani jalur pelabuhan laut. Namun, juga untuk pengiriman barang domestik, seperti ke Bandung dan Surabaya dengan menggunakan kereta api.

“Dengan fasilitas intermoda terintegrasi di Cikarang Dry Port serta dukungan SDM dan IT yang andal, kami siap meningkatkan kualitas layanan pelabuhan, logistik center, angkutan kereta kontainer, dan distribusi (intermoda terpadu) untuk meningkatkan daya saing logistik Indonesia menghadapi MEA 2015,” ujarnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here