Pelabuhan Internasional akan Dibangun di Kalimantan Barat

0
576
(Foto: Liputan6.com/Raden AMP)
(Foto: Liputan6.com/Raden AMP)

Pontianak – (suaracargo.com)

Mengingat daya tampung pelabuhan Dwikora yang sudah tidak lagi memadai, sebuah pelabuhan baru akan dibangun di Mempawah, Kalimantan Barat. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pun mengakui, pelabuhan Dwikora Pontianak kini sudah penuh, sehingga kegiatan operasionalnya memang perlu dipindahkan.

“Kalau Pelabuhan Dwikora menurut Pelindo II sudah penuh. Jadi pak Gubernur menyarankan untuk pindah,” kata Jonan, seperti dilansir liputan6.com, Minggu (22/3/2015).

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengatakan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) yang akan membangun pelabuhan baru tersebut di luas lahan 5.000 hektar. Pelabuhan Mempawah itu nantinya akan dijadikan pelabuhan internasional. Saat ini, pembangunan pelabuhan tersebut sedang melalui proses perizinan.

Jonan mengunjungi pelabuhan Dwikora pada Sabtu 21 Maret 2015. Dengan berkacamata hitam dan memakai topi bertuliskan JONAN, mantan Direktur Utama KAI ini bersama pejabat daera Kalimantan Barat juga mengunjungi tempat persinggahan kapal.

Ketika disinggung soal kapal feri yang tidak beroperasi selama satu bulan di kota Pontianak, Jonan mengatakan, pelabuhan Feri di Pontianak dikelola oleh Pemerintah Kota Pontianak. “Kalau pelabuhan Fery di Pontianak ini dikelola Pemkot Pontianak. Kalau seandainya nanti dibalikkan ke pusat, kami betulkan,” ujar Jonan.

Saat ditanya mengenai pembangunan rel kereta api di Kalimantan, Jonan mengatakan, hal itu tersebut masih proses kajian studi yang telah berlangsung dua tahun. Bila lahan untuk membangun rel kereta api sudah tersedia, maka jalur kereta api dari Pontianak bisa dibangun lewat Banjarmasin dan Samarinda.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here