Pelabuhan Internasional Patimban Dipastikan Gantikan Cilamaya

0
446
Pantai Patimban, Subang (koran.bisnis.com)

Subang – (suaracargo.com)

Pelabuhan regional yang sedang dibangun di Pantai Patimban Kabupaten Subang hampir dipastikan akan jadi pelabuhan utama/internasional pengganti Cilamaya, Karawang. Perubahan tersebut menyusul telah dibatalkannya rencana pembangunan pelabuhan utama di Wilayah Cilamaya Karawang oleh pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

Kepastian itu semakin menguat dengan datangnya perwakilan JICA ke Subang untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat terkait. Selain itu, mereka juga telah meninjau lokasi pembangunan pelabuhan regional di Pantai Patimban.

Kepala Bappeda Kabupaten Subang, Komir Bastaman saat ditemui di Kantor Pemkab Subang, Rabu (9/12/2015) membenarkan sudah ada perwakilan dari JICA datang, membahas pembangunan pelabuhan utama. “Mereka datang ke Subang, seminggu lalu. Setelah membahas seputar pelabuhan utama, dilanjutkan meninjau lokasi pembangunan pelabuhan regional yang sedang berlangsung,” ujarnya, seperti dilansir pikiran-rakyat.com.

Diakui Komir, perwakilan dari JICA cukup antusias saat melihat lokasi tersebut. Sebab lokasi pelabuhan regional yang sedang berjalan itu jaraknya relatif dekat dengan jalan nasional Pantura. Ditambah lagi dengan sudah dibukanya jalan-jalan di sekitar pelabuhan dan sebagian di antara jalan tersebut telah diperkeras.

“Selain areal dilokasi memungkinan dijadikan pelabuhan utama, nilai tambahnya sudah dibuka jalan, Pemkab Subang sudah membebaskan lahan untuk jalan termasuk sebagian lahan bagi komplek perkantorannya. Jadi tinggal memperluas saja. Untuk merealisasikan pembangunan pelabuhan utama, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, termasuk nantinya akan dilakukan kajian,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Subang Ojang Sohandi menyatakan kesiapannya bila wilayah pantura Subang ditetapkan pemerintah pusat menjadi lokasi pembangunan pelabuhan utama, pengganti Cilamaya, Karawang. “Pelabuhan utama ini kewenangannya ada di pemerintah pusat. Yang pasti Subang siap, bila nantinya jadi dibangun pelabuhan utama,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here