Pelabuhan Kendal Segera Beroperasi dan Siap Tampung Limpahan Kapal dari Tanjung Mas

0
391
ilustrasi pelabuhan (seputarkendal.blogspot.com)
ilustrasi pelabuhan (seputarkendal.blogspot.com)

Kendal – (suaracargo.com)

Kapal-kapal di Pelabuhan Tanjung Mas Mulai dipindahkan ke Tanjung Kendal menyusul keluarnya izin operasional Pelabuhan Kendal. Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Perhubungan sudah menerima izin operasional Pelabuhan Kendal. Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti, sendiri mengatakan bahwa tidak lama lagi pelabuhan yang memiliki nama lain Port Kendal ini akan segera beroperasi. Keyakinan Widya tersebut didasarkan pada turunnya izin operasional dan rampungnya proyek pengerjaan jalan akses ke pelabuhan sepanjang empat kilometer.

Widya diminta untuk menampung penumpang limpahan dari Tanjung Perak Surabaya oleh Dirjen Kementrian Perhubungan. “Bahkan kapal-kapal dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang mulai dipindahkan ke Pelabuhan Tanjung Kendal,” ujarnya saat berkunjung ke Pelabuhan, Senin (20/10/2014).

Sebagai awalan, Dishub akan membuka jalur Kendal menuju Kumai, Kalimantan Tengah. Untuk saat ini, Dishub hanya membutuhkan tenaga kerja untuk mengatur lalu lintas kapal di pelabuhan. Widya meyakini bahwa Pelabuhan Tanjung Kendal nantinya bisa menjadi pelabuhan internasional yang bisa melayani angkutan kapal ke berbagai penjuru. “Port Kendal nantinya tidak hanya melayani penyeberangan Kendal-Karimunjawa dan Kendal-Kumai, tapi juga dari dan ke seluruh Nusantara dan bahkan pelayaran internasional,” imbuhnya, sebagaimana dilansir tribunnews.com.

Sejauh ini, pelabuhan Kendal itu sendiri masih dalam proses pembangunan pemecah ombak. Satu lajur jalan masuk menuju pelabuhan telah selesai dikerjakan, sedangkan satu lajur lainnya masih akan digarap pada 2015 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Subarso mengatakan bahwa selain pelabuhan penumpang, saat ini juga mulai digarap pelabuhan niaga. Sehingga kedepan selain mengangkut orang, pelabuhan ini juga bisa menampung kapal-kapal yang mengangkut peti kemas dengan berbagai tujuan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY