Pelabuhan Kenyamukan Masuk Skema Tol Laut

0
454
Peninjauan Pelabuhan Kenyamukan oleh tim litbang dari Kementerian Perhubungan RI. (HO-Dishubkominfo Kutim/Kutai Kartanegara)

Sangatta – (suaracargo.com)

Pelabuhan Kenyamukan dikabarkan masuk dalam skema pembangunan jalur tol laut nasional 8. Meliputi Surabaya-Makassar-Sangatta (Kenyamukan)-Nunukan. Pengembangan jalur tol laut program nasional ini ditargetkan sudah bisa beroperasi Mei 2017. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kasmidi Bulang usai coffee morning di Ruang Meranti Kantor Bupati, Senin (3/10).

“Kita seperti mendapat durian runtuh. Karena kita (Pemkab Kutim) rencananya baru mengusulkan (Pelabuhan) Kenyamukan untuk menjadi jalur tol laut baru. Ternyata telah masuk jalur tol 8 yang pengopersiannya ditargetkan Mei 2017 mendatang. Otomatis dengan beroperasinya pelabuhan Kenyamukan bisa menekan harga barang, salah satunya semen. Dan bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD),” jelas Kasmidi Bulang, seperti dilansir Tribun Kaltim.

Kasmidi menjelaskan bahwa Pelabuhan Kenyamukan bisa menjadi alat promosi dan kebanggaan Kutim. Kondisi itu disebabkan karena banyaknya aktivitas industri yang akan masuk dan menunjang operasional pelabuhan. Antara lain industri kargo, bahan curah, dan otomotif. Sasaran utama tol laut, kata Kasmidi, adalah untuk menekan biaya logistik yang lebih efisien dan murah bila dibandingkan moda transportasi lainnya. Sehingga, konsep tersebut bisa menjadi solusi kesenjangan antar wilayah.

Ketika ditanya awak media apakah dia optimistis bisa rampung Mei 2017, Kasmidi mengaku yakin. Khusus proyek pembangunan Pelabuhan Kenyamukan, menurut Kasmidi, hanya tinggal penyelesaian jalur darat sepanjang 600 meter. Karena dari sisi laut sudah siap.Pusat juga sudah komitmen untuk menyelesaikan pelabuhan tersebut. Terlebih, pelabuhan itu sekarang masuk dalam program nasional yang tentunya menjadi perhatian dari pemerintah pusat di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kutim, Johansyah Ibrahim, menjelaskan bahwa tol laut adalah sistem pengangkutan barang dan logistik skala besar yang diangkut dengan kapal berjadwal tetap.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu ada kunjungan kerja jajaran Kementerian Perhubungan ke Pelabuhan Kenyamukan. Dari inspeksi yang dilakukan, Pelabuhan Kenyamukan dinilai oleh mereka layak masuk dalam pengembangan jalur tol laut nasional sesuai dengan program pemerintah pusat.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here