Pelabuhan Laut Boltim Segera Beroperasi

0
439
Dermaga laut di Boltim siap untuk beroperasi, Rabu (4/3/2015).  (tribunmanado/Wastef Abisada)
Dermaga laut di Boltim siap untuk beroperasi, Rabu (4/3/2015).
(tribunmanado/Wastef Abisada)

Bolmut – (suaracargo.com)

Akses transportasi masyarakat di Bolaang Mongondow Utara kini tak lagi bertumpu pada jalur darat saja. Akses transportasi di sana akan diperluas lewat jalur laut. Mulai April 2015 nanti, Pelabuhan Tanjung Sidupa yang ada di Desa Tuntung, Kecamatan Pinogaluman akan mulai beroperasi.

“Bulan depan Kapal Very Moinit akan mulai beroperasi dan melayani rute pelayaran dari Boroko ke Amurang dan Boroko ke Toli-toli. Jadi, kini masyarakat tak hanya bisa bepergian lewat jalur darat saja, tapi lewat jalur laut juga,” kata Abdul Maloho, Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Infokom Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, pada hari Selasa (03/03/2015).

Kapal perintis tersebut kata Maloho kini masih berada di Kota Bitung untuk perbaikan. Jika sudah selesai diperbaiki, kapal itu akan bisa mengangkut penumpang dalam jumlah cukup banyak. Kapal tersebut juga bisa mengangkut barang-barang, termasuk barang dagangan masyarakat di Bolaang Mongondow Utara yang ingin di pasarkan ke daerah lain. ‘Masyarakat yang memiliki barang dagangan dan ingin dijual ke luar daerah, mungkin bisa dipersiapkan sejak dini, sebab bisa diangkuta juga oleh kapal ini,’ tuturnya, seperti dilansir tribunmanado.co.id.

Setiap bulan menurutnya Kapal Very Moinit akan merapat ke pelabuhan sebanyak dua kali, yakni dalam rentan waktu dua Minggu sekali. ‘Soal waktunya kapan, nanti akan disesuaikan lagi oleh pemerintah setelah kapal resmi beroperasi. Yang pasti kapal ini mendapat jatah dua kali sebulan untuk berlabuh di Bolaang Mongondow Utara,’ ungkap Maloho.

Kondisi pelabuhan dari pantauan Tribun Manado sudah sangat siap untuk dioperasikan. Infrastruktur pendukung seperti Mercu Suar, gudang, terminal penumpang, pos penjagaan, lahan parkir, lampu penerang, hingga dermaga telah tersedia sangat memadai. Apalagi waktu tempuh untuk ke dermaga pelabuhan cukup singkat. Hanya butuh waktu sekitar 20 Menit saja dari Boroko jika perjalanan dilakukan dengan menggunakan kapal berkecepatan standard sekitar 60 Km per jam. ‘Untuk pergi ke pelabuhan tidak sulit, selain tak membutuhkan waktu lama, juga mudah dijangkau karena berada tak jauh dari pinggir jalan Trans Sulawesi di Desa Tuntung,’ tambah Maloho.

Kabar akan segera dioperasikannya Pelabuhan Tanjung Sidupa disambut gembira oleh masyarakat Bolaang Mongondow Utara termasuk yang ada di Desa Tuntung. Sebab, diyakini mereka keberadaan fasilitas itu, dapat menopang peningkatan ekonomi masyarakat. ‘Sebagai masyarakat saya sangat berterima kasih jika memang pelabuhan ini akan segera dioperasikan, sebab bisa meningkatkan pelayanan dan ekonomi masyarakat di daerah,’ kata Zulkifly Gumohung (42), warga Desa Tuntung.

Perkembangan di daerahnya diyakini Zulkifly akan semakin maju, sebab geliat ekonomi masyarakat tak hanya terpusat di satu desa, tapi tersebar merata di seluruh wilayah. ‘Minimal masyarakat yang menganggur di desa ini nantinya bisa bekerja, misalnya sebagai buruh pelabuhan untuk menambah penghasilan dan menafkahi keluarga. Tak lagi terpengaruh dengan hal-hal negatif misalnya dengan mabuk-mabukan atau lainnya,’ tukasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY