Pelabuhan Laut Tanjung Tembaga Diresmikan Menhub

0
290
Pelabuhan Tanjung Tembaga (eastjava.com)

Probolinggo – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan pengoperasian fasilitas Pelabuhan Laut Tanjung Tembaga Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (12/12). Fasilitas pelabuhan tersebut yakni dermaga multipurpose eksisting dengan ukuran 93 x 18,5 m2 dan dermaga multipurpose baru. Dermaga baru tersebut memiliki ukuran 150 x 31 m2 dan kedalaman kolam –15 m LWS (low water spring). Nantinya, dermaga akan mampu disandari kapal berukuran 15.000 DWT (deadweight tonnage) di sisi selatan dan 20.000 DWT di sisi utara.

Dalam siaran pers yang dilansir maritimedia.com, Menhub Jonan mengungkapkan pengoperasian fasilitas pelabuhan ini mampu meningkatkan kapasitas dan pelayanan jasa kapal di Pelabuhan Probolinggo. Hal itu sesuai dengan fokus kerja Kementerian Perhubungan pada Kabinet Kerja untuk terus meningkatkan kapasitas fasilitas transportasi baik darat, laut, udara maupun kereta api.

Fasilitas eksisting maupun fasilitas yang sedang dikembangkan di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo merupakan hasil dari dana gabungan APBN dan APBD Provinsi Jawa Timur. Pengelolaan Pelabuhan Probolinggo akan diserahkan ke Badan Usaha Pelabuhanan (BUP) BUMD, PT. Delta Artha Bahari Nusantara. Untuk mengevaluasi kelayakan PT. Delta Artha Bahari Nusantara pengelola pelabuhan, uji coba pengoperasian fasilitas pelabuhan dalam jangka waktu 1 tahun sejak 8 Oktober 2015 telah dilakukan.

Dengan pengelolaan pelabuhan diserahkan ke BUP, maka pengoperasian fasilitas yang dibangun dengan dana APBN nantinya berdasarkan asas kerjasama pemanfaatan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah. Sedangkan pengoperasian fasilitas yang dibangun dengan dana APBD berdasarkan pada izin konsesi. Adapun tarif terhadap jasa kepelabuhanan dari kegiatan uji coba pengoperasian mengacu pada tarif BUP terdekat yang berlaku di Pelabuhan Probolinggo.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY