Pelabuhan Loksuan Sudah Miliki ISPS Code

0
443
Pelabuan Loktuan (prokal.co)

Bontang – (suaracargo.com)

Pelabuhan Umum Loktuan Bontang ternyata sudah memiliki International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code. Untuk membuktikan bahwa Pelabuhan Umum Loktuan memang sudah comply (mentaati aturan), Pelindo 4 serta Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) Loktuan siap menggelar exercise atau pelaksanaan latihan keamanan pelabuhan.

General Manager Pelindo 4 Bontang, Syamsul Maarif mengatakan, salah satu persyaratan utama yang harus dilaksanakan minimum satu kali setahun dan tidak lebih dari 18 bulan. “Hasil exercise yang dilakukan di sini akan dilaporkan ke Dirjen Perhubungan Laut untuk disampaikan ke IMO (International Maritim Organization, Red.), sehingga IMO akan menyebarkan pada kapal-kapal di negara asing bahwa benar adanya Pelabuhan Loktuan telah comply (mentaati peraturan, Red.) dan dilaksanakan latihan secara rutin,” jelas Syamsul usai melakukan gladi kotor pelaksanaan exercise di Pelabuhan Umum Loktuan, Kamis (8/12) kemarin.

Tujuan dari exercise memang untuk memenuhi implementasi ISPS Code Pelabuhan Umum Loktuan Bontang. Selain itu juga untuk memenuhi persyaratan atas persetujuan terhadap ISPS Code bahwa diharuskan memelihara tingkat keamanan yang dimiliki dengan melaksanakan pelatihan (training), praktik latihan (drill) dan pelaksanaan latihan (exercise) yang dilakukan secara periodik dan berkesinambungan.

“Sesuai SOP, hasil ini dibuktikan bahwa nomor registrasi dari Pelabuhan Loktuan sudah comply dan kapal asing tidak ragu lagi untuk masuk kesini, kesiagaan kami dan membuktikan bahwa pelabuhan aman,” ungkapnya, seperti dilansir prokal.co.

Ketika tidak aman pun, pihak Pelindo 4 sebagai operator pelabuhan sudah siap untuk penanganannya. Bahkan, di level 3 pun, pihaknya sudah siap dengan melakukan pelatihan atau simulasi pembajakan kapal.

“Di sini, kami bekerjasama dengan PT KNI selaku pencarter kapal-kapal asing yang masuk ke Pelabuhan Loktuan. Jadi kami didukung oleh PT KNI karena kapal asing biasa mempertanyakan, Pelabuhan Loktuan ini sudah comply belum? Jadi kami buktikan sertifikatnya dan bukti latihannya,” bebernya.

Nah, saat ini, pihak Pelindo dan PT KNI yang didukung seluruh aparat di Bontang untuk melakukan exercise. Disebutkan oleh Syamsul, Pelabuhan Loktuan, menerima sertifikat ISPS Code pada tahun 2015. Latihan yang diperlukan tersebut memang baru dilaksanakan tahun ini, meskipun sebelumnya latihan-latihan kecil sudah sering dilaksanakan.

Ditambahkan oleh Marine Operation Advisor PT KNI, Fuad Suspa, mengenai ISPS Code Pelabuhan Loktuan ini, dari awal Pelabuhan Loktuan berdiri memang sudah mendapatkan ISPS Code sertifikat sementara. Beberapa bulan ke belakang, ISPS Code itu sudah mendapat sertifikat asli dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sehingga yang tadinya sementara sudah menjadi permanen. ISPS Code memang background-nya dari nigth eleven saat di Amerika.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here