Pelabuhan Merak Juga Akan Didesain Sebagai Destinasi Wisata Bahari

0
475
Ilustrasi Mudik Pelabuhan Merak (Foto: Okezone)

Cilegon – (suaracargo.com)

Pemerintah berencana mendesain Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten sebagai pelabuhan yang bisa digunakan sebagai tempat destinasi wisata bahari agar para pengguna jasa penyeberangan tak merasa jenuh.

“Kami juga sedang melihat perkembangan pembangunan dermaga tambahan. Ke depan harus melihat Merak ini menjadi destinasi, bukan hanya menyeberang tetapi ada entertainmen,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau pembangunan dermaga VI dan VII di Pelabuhan Merak di Cilegon, Senin (26/12/2016).

Sebab itu, dia mengatakan bahwa fasilitas dermaga akan ditambah terlebih dahulu agar arus lalu lintas kendaraan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera dan sebaliknya dapat menjadi lebih lancar. Terlebih, saat puncak arus mudik dan libur panjang.

“Rencananya hanya tujuh, yang tujuh nanti lahannya area Pelindo II, sudah kita bicarakan supaya bisa dikerjasamakan. Ada juga rumah-rumah yang menyambung (dekat pelabuhan) bisa dibebaskan. Kita juga bicarakan dengan Danlanal agar bisa dikerjasamakan, supaya lebih nyaman bagi penumpang,” Rini menjelaskan, seperti dilansir liputan6.com.

Pelabuhan Merak pun akan difokuskan hanya untuk dilalui kendaraan kecil saja. Sedangkan, untuk kendaraan besar seperti truk dan kontainer, rencananya akan melalui Pelabuhan Panjang langsung menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

“Karena sebentar lagi jalan trans Sumatera selesai. Nanti mobil-mobil pribadi akan lebih banyak. Akhir Februari (dermaga VI) sudah bisa dipakai. Akhir Februari saya dengan Pak Menhub akan menyebrang kesana,” tegas Menteri Rini.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here