Pelabuhan Patimban Diharapkan Terintegrasi Dengan Kereta Barang

0
564
Pelabuhan Patimban (jurnas.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Kereta api barang dinilai harus mampu mendukung angkutan barang dari dan ke Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Akademisi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengatakan setiap pelabuhan, terlebih pelabuhan barang, harus terhubung dengan jalur kereta api (KA). Semua pelabuhan internasional di dunia, paparnya pasti terdapat jalur rel menuju pelabuhan.

Oleh karena itu, dia menilai, pembangunan jalur kereta api yang tersambung ke Pelabuhan Patimban bisa dilakukan, baik oleh swasta atau pemerintah.

“Zaman Belanda, semua pelabuhan besar di Jawa dan Sumatera punya akses jalan rel ke pelabuhan,” kata Djoko, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Dia mengatakan, pemerintah atau swasta yang akan membangun jalur kereta api ke Pelabuhan Patimban bisa menghubungkan jalur KA tersebut ke jalur KA di pantura yang sudah berupa jalur ganda (double track).

Tidak hanya itu, dia menilai, pembangunan jalur KA dari dan ke Pelabuhan Patimban juga harus terhubung dengan kawasan-kawasan industri yang akan dibangun.

Dia menyatakan, pembangunan jalur KA hingga Pelabuhan Patimban akan menguntungkan karena operator pelabuhan tidak perlu menyediakan lapangan parkir untuk angkutan barang truk yang sangat luas.

Selain itu, dia menuturkan pengangkutan barang dari dan ke Pelabuhan Patimban dengan menggunakan kereta api juga bisa menghilangkan pungutan liar (pungli) oleh petugas yang kemungkinan dapat terjadi.

“[angkutan barang dengan KA] tidak ada halangan di pos jaga masuk kawasan pelabuhan,” katanya, seperti dilansir bisnis.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here