Pelabuhan Peti Kemas Bitung Berpotensi Jadi Hub Pelabuhan Internasional

0
635
Pelabuhan Bitung - inaport4.co.id

Manado – (suaracargo.com)

Pelabuhan Peti Kemas Bitung berpotensi menjadi jalur perdagangan Asia Pasifik. Ini bisa dilihat dari banyaknya barang yang lebih mudah dan efisien jika didistribusikan melalui Bitung.

Ketua Dewan Pemakai Jasa Angkutan Indonesia (Depalindo) Sulawesi Selatan Zainuddin Djalil menjelaskan, jika pelabuhan di Bitung menjadi hub pelabuhan internasional, dipastikan akan menjadi sentra perdagangan Asia-Pasifik.

Zainuddin mengatakan, Bitung juga akan menjadi simpul kegiatan ekspor. “Bitung akan menjadi pelabuhan singgah untuk komoditas di wilayah Timur,” ujar Zainuddin, Jumat (14/4) lalu.

Dijelaskannya, kapal yang mengangkut komoditas ekspor dari Papua dan Maluku, yang selama ini ke Makassar, sudah dipastikan mengalihkan pelayarannya ke pelabuhan di Bitung.

Tidak hanya Bitung, tetapi pelabuhan di Kalimantan juga disiapkan sebagai pelabuhan ekspor.

Jika keduanya dijadikan pelabuhan ekspor, muatan di Makassar akan berkurang. “Program Direct Call pasti macet lagi. Padahal Makassar ditetapkan pelabuhan utama di Kawasan Timur Indonesia (KTI),” beber Zainuddin, seperti dilansir manadopostonline.com.

Namun, Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Doso Agung menjelaskan, pasar Pelabuhan Makassar tidak akan terganggu oleh Bitung. Lantaran masing-masing punya potensi pasar sendiri.

Doso mengakui, secara geografis, Pelabuhan Makassar memang kalah dari Bitung. Sebab, barang dari Papua, Maluku, dan Gorontalo, justru lebih esifien jika ke Bitung. “Jika ke Makassar, justru lebih jauh dan akan memakan biaya besar,” katanya.

GM Pelabuhan Peti Kemas Bitung Edi Nursewan mengatakan, jika Bitung bisa menyalip Pelabuhan Makassar, tentunya jadi kebanggaan. Tapi perlu juga dukungan dari teman-teman eksportir dan importir yang ada. Khususnya pengusaha-pengusaha yang ada di Sulut untuk lebih aktif dalam pengiriman barang.

Barang-barang dari Papua, Maluku, dan Gorontalo akan menjadi lebih efisien jika dikirim ke Pelabuhan Bitung. Bitung sendiri, jika menjadi hubungan pelabuhan internasional, maka pelabuhan itu bisa dipastikan akan menjadi sentra perdagangan Asia-Pasifik.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here