Pelabuhan Petimban Tuntas Dibangun Tahun 2018

0
548
Pantai Patimban, Subang (koran.bisnis.com)

Bandung – (suaracargo.com)

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan kini tengah menggejot pembangunan Pelabuhan Patimban. Pelabuhan yang berada di Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang ini, salah satunya fungsinya adalah untuk bongkar muat batu bara pengganti Pelabuhan Cirebon.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, pembangunan Pelabuhan Patimban sudah berjalan namun masih baru berupa infrastruktur akses jalan. Saat ini, struktur jalan Pelabuhan Patimban tersebut sudah ada.

“Lebarnya 20 meter sedangkan panjangnya sudah beberapa kilometer,” ujar Dedi di Kantor Dishub Jabar, Jalan Sukabumi, Rabu (16/3)

Dedi mengatakan, pelabuhan ini memang masih berstatus sebagai pelabuhan regional. Namun, pelabuhan yang ada di Kecamatan Pusakanagara ini punya potensi untuk naik kelas menjadi pelabuhan internasional yang layak dijdikan sebagai pengganti Pelabuhan Cilamaya di Kabupaten Karawang yang gagal dibangun. Dukungan naik kelas juga diberikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Meski tidak secara spesifik, kata dia, namun dukungan dari pusat juga dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pembangunan Strategis di Provinsi Jabar. Kebutuhan dana pembangunan proyek ini, kata dia, diperkirakan mencapai Rp8 triliun. Pembangunannya sendiri ditargetkan tuntas di 2018 mendatang.

“Untuk penambangan dan stoke filed batu bara. (Pelabuhan Patimban) tuntas di 2018 lah, tapi kalau bisa 2017 kenapa enggak,” katanya, seperti dilansir republika.co.id

Menurutnya, keberadaan Pelabuhan Patimban akan sangat mendukung terciptanya konektivitas transportasi di Jabar bersama infrastruktur perhubungan lainnya seperti Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) maupun jalur kereta api.

Konektivitas transportasi juga, kata dia, akan terhubung dengan kawasan Industri sehingga membuat ongkos produksi dan distribusi yang dikeluarkan para pelaku usaha menjadi lebih murah.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here