Pelabuhan Prigi Akan Dijadikan Pelabuhan Angkutan Barang dan Penumpang

0
421

Surabaya – (suaracargo.com)

Pemerintah akan menyulap Pelabuhan Prigi yang terletak Kabupaten Trenggalek menjadi pelabuhan angkutan barang dan penumpang. Pelabuhan tersebut akan berfungsi seperti Pelabuhan Tanjung Perak.

Selama ini, pelabuhan yang berada di pesisir laut Selatan Jawa ini hanya dipakai untuk pelabuhan rakyat penangkapan ikan.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pemprov Jatim Wahid Wahyudi mengatakan, pemerintah pusat sudah menyetujui pembangunan dan peningkatan status Prigi sebagai pelabuhan barang dan penumpang.

Penyusunan studi kelayakan sudah dilakukan dan analisis dampak lingkungan (Andal) serta detail engineering design (DED) juga dipastikan sudah rampung tahun ini.

Setelah itu, mulai tahun 2017 pengerjaan fisik di pelabuhan itu akan dimulai. Diharapkan, pengerjaan pelabuhan itu sudah selesai dalam waktu dua tahun, yaitu tahun 2018.

“Tahun 2019, Pelabuhan Prigi Baru tersebut diharapkan sudah resmi dioperasionalkan,” ujarnya, Senin (7/3/2016).

Setelah beroperasi, Prigi nanti menjadi pelabuhan regional yang melayani angkutan penumpang dan barang.

“Hasil koordinasi yang kita lakukan, semua setuju dengan skema tersebut,” pungkas Wahid, seperti dilansir surabaya.tribunnews.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here