Pelabuhan Sebagai Kunci Pembangunan Ekonomi Daerah

0
626
u
Papan Nama KUPP Kelas II Tobelo (kupptobelo.blogspot.co.id)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pelabuhan menjadi salah satu kunci bagi pembangunan suatu daerah, terutama bagi daerah yang berada di daerah-daerah terpencil. Tanpa pelabuhan, potensi suatu daerah tidak akan dikenal. Tidak hanya itu, ekonomi masyarakat setempat juga tidak tertopang karena tidak adanya kapal yang mengangkut penumpang dan barang yang singgah di daerah itu.

“Bahkan harga-harga barang di daerah itu dapat menjadi tinggi karena belum adanya konektivitas,” kata Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan pers yang diterima “PR” di Jakarta. Rabu 6 Maret 2016.

Itulah sebabnya, kata Ari, Presiden RI Joko Widodo selalu mengingatkan pentingnya tol laut untuk membangun transportasi laut dengan kapal atau sistem logistik kelautan, yang melayani tanpa henti dari Sabang sampai Merauke.

Untuk mewujudkan tol laut tersebut, pada hari ketiga kunjungan Jokowi di Indonesia Timur, Rabu 6 Maret 2016, Presiden akan meresmikan lima pelabuhan. Pelabuhan-pelabuhan yang diresmikan yakni Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Galela, Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Wonreli dan Pelabuhan Pulau Teor. Peresmian kelima pelabuhan itu dipusatkan di Pelabuhan Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara.

Jokowi dan rombongan berangkat menuju Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara pagi hari dengan menggunakan pesawat CN-295 TNI AU dari Pangkalan TNI AU Leo Wattimena, Kabupaten Pulau Morotai.

Ari mengatakan, setelah meresmikan kelima pelabuhan itu, Jokowi akan menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Beras Sejahtera di Kecamatan Galela.

Presiden dan rombongan akan kembali ke Pangkalan TNI AU Leo Wattimena Pulau Morotai dengan menggunakan CN-295 TNI AU pada siang hari. “Di sini, presiden, Ibu Iriana bersama rombongan berganti pesawat dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 untuk menuju Jakarta dan diperkirakan tiba pada pukul 18.00 WIB,” kata Ari, seperti dilansir pikiran-rakyat.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here