Pelabuhan Serasan Hampir Tenggelam Akibat Cuaca Ekstrim

0
814
PELABUHAN Pelni di Kecamatan Serasan hampir tenggelam akibat air laut mengalami pasang. (harianhalauan.com)

Natuna – (suaracargo.com)

Pelabuhan Pelni yang ada di Kecamatan Serasan hampir tenggelam, lantaran air laut mengalami pasang yang cu­kup tinggi bercampur gelom­bang besar. Hal tersebut dikatakan salah seorang war­ga Serasan, Doni.

cargo-jakarta

Dikatakannya, pelabuhan bertaraf nasional itu terus-menerus dihantam gelom­bang, sehingga air naik ke atas pelantar pelabuhan dan sebagiannya terendam air. “Air pasang terjadi di Se­rasan dan mengalami ge­lombang besar, sehingga ujung pela­buhan hilang de­ngan air,” kata Doni, Selasa (18/10).

Diceritakannya, peristiwa itu terjadi karena dampak hujan angin dan gelombang tinggi yang terjadi semala empat hari berturut-turut. “Hujan sejak empat hari dan tak ada hentinya, ditambah gelombangnya tinggi, se­hingga air naik ke pela­bu­han,” ujarnya.

Ia mengaku, tidak bisa membayangkan bila kondisi itu berlansung lebih lama. “Bagaimana kalau lebih lama cuaca macam itu, mungkin pelabuhan itu benar-benar tenggelam,” sebutnya.

Ia pun berharap ada tin­dakan antisipasi atas peris­tiwa-peristiwa semacam itu ke depannya. “Ke depan harus ada upaya antisipasi, paling tidak program pem­bangunan pemecah ombah, seperti batu miring atau bisa saja penanaman hutan mang­rove,” harapnya.

Menurutnya, cuaca itu tidak hanya berdampak pada pelabuhan, tapi juga menghambat aktifitas masyarakat. Mereka tidak bisa berbuat banyak di bawah cuaca ekstrem seperti itu. Demikian juga dengan sektor kelistrikan.

“Warga pun takut keluar rumah. Bagaimana mau bekerja, kalau hujan terus. Mereka mengerjakan apa yang bisa dikerjakan di ru­mah saja,” ungkapnya, seperti dilansir harianhalauan.com.

Kondisi yang terjadi itu dibenarkan oleh Kapolsek Serasan, AKP Benhur Gultom. “Ya betul, di sini (Serasan,red) hujan telah empat hari berturut-turut, makanya air naik,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here