Pelabuhan Singkil di Aceh Lumpuh

0
462
ilustrasi Pelabuhan Barang (tribunnews.com)
ilustrasi Pelabuhan Barang (tribunnews.com)

Singkil – (suaracargo.com)

Pelabuhan Feri Pulau Sarok yang terletak di Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, lumpuh sejak Selasa (7/10/2014) sore. Akibat kelumpuhan tersebut, pelayaran Singkil-Simeulue dan sebaliknya yang dilayani Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teuluk Sinabang dan KMP Labuhan Haji terhenti.

Kondisi serupa terjadi dengan rute pelayaran Singkil-Pulau Banyak, Singkil-Gunung Sitoli dan sebaliknya. Rute yang selama ini dilayani KMP Teluk Singkil juga berhenti. Penyebab lumpuhnya pelabuhan itu adalah lantaran jembatan darurat pelabuhan feri Pulau Sarok tak bisa dilintasi kendaraan pengangkut muatan yang akan turun maupun naik feri.

Jembatan itu tidak bisa dilewati karena dibangun tidak sesuai dengan bobot kendaraan yang melintas. “Pelayaran ke Simeulue stop semua. Kemudian yang Kepulauan Banyak dan Nias selain masalah jembatan kebetulan KMP Teluk Singkil naik doking,” kata General Manager Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Feri Singkil, Vega Ryanto.

Menurut Vega, truk pengangkut barang tujuan Simeulue dan sebaliknya tidak mau lagi menggunakan jasa feri dari Pelabuhan Pulau Sarok. Mereka keberatan begitu hendak naik atau turun dari kapal harus menurunkan muatan agar sesuai dengan kapasitas jembatan darurat sebanyak 8 ton.
“Sementara mobil rata-rata bermuatan 12 hingga 14 ton, bahkan truk pengangkut sawit asal Simeulue mencapai 17 ton,” ujar Vega.

 

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here