Pelabuhan Sorong, Papua Barat, Dipersiapkan Menjadi Pelabuhan Utama Dalam Rantai Logistik Regional Papua

0
769
Port of Sorong (id.wikipedia.org)
Port of Sorong (id.wikipedia.org)

Sorong – (suaracargo.com)

Pelabuhan Sorong, Papua Barat, sedang dipersiapkan untuk menjadi pelabuhan utama dalam rantai logistik regional Papua.

Direktur Utama Pelindo 4 (Persero) Mulyono mengemukakan, kapasitas terpasang di pelabuhan kelolaan perseroan itu akan segera ditingkatkan agar layak dan representatif untuk dijadikan sebagai hub utama dalam kegiatan distribusi di wilayah Papua.

Adapun kapasitas eksisting Pelabuhan Sorong sebesar 44.000 TEU’s dan diestimasi mampu meningkat mencapai 100.000 TEU’s setelah pengembangan rampung secara keseluruhan.

Dalam merealisasikan rencana tersebut, perseroan mengalokasikan investasi sebesar Rp411,5 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan suprastruktur Pelabuhan Sorong.

“Jadi secara garis besar, Pelabuhan Sorong betul-betul bisa menjadi simpul tol laut ke depannya, jadi hub di Papua,” katanya di Sorong, Rabu (26/8/2015), sebagaimana dilansir bisnis.com.

Sesuai dengan perencanaan, pengembangan Pelabuhan Sorong dijadwalkan bisa rampung 2017, dan beroperasi secara penuh pada tahun berikutnya.

Adapun pendanaan proyek tersebut bersumber dari penyertaan modal negara (PMN) dan kas internal perseroan.

Selain di Sorong, Pelindo 4 juga memiliki beberapa pelabuhan kelolaan dengan klasifikasi pelabuhan feeder di regional Papua, di antaranya Pelabuhan Jayapura, Pelabuhan Merauke, Pelabuhan Fak Fak dan Pelabuhan Manokwari.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here