Pelabuhan Tanjung Adikara Akan Dapat Kucuran Dana

0
325
Pemecah ombak di lahan Pelabuhan Tanung Adikarta Pantai Glagah. (HOly Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)
Pemecah ombak di lahan Pelabuhan Tanung Adikarta Pantai Glagah. (HOly Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Kulonprogo — (suaracargo.com)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelontorkan dana Rp10 miliar untuk memperdalam alur kapal Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo. Dana tersebut akan diberikan awal 2015.

“Selebihnya Menteri Keluatan dan Perikanan Susi Pujiastuti akan membantu koordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum [PU] dan Perumahan Rakyat,” kata Hasto di Kulonprogo, Minggu (30/11/2014), sebagaimana dilansir solopos.com.

Ia juga mengatakan bahwa, pihaknya akan segera menemui Menteri PU dan Perumahan Rakyat pada awal Desember sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015 ditetapkan pada Januari-Februari.

Hasto mengatakan pada 2012, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah menganggarkan untuk menyelesaikan pembangunan pemecah gelombang atau break water. Namun, penyelesaian pemecah gelombang itu tertunda karena anggaran tersebut dialihkan ke daerah lain.

“Melalui KKP diharapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersedia mengalokasikan anggaran kembali sekitar Rp200 miliar untuk menyelesaikan pembangunan pemecah gelombang,” kata Hasto.

Sebelumnya Hasto memaparkan, alokasi dana untuk penyelesaian pelabuhan dari Pemerintah Pusat dianggarkan Rp14 miliar.

Anggaran tersebut dipergunakan untuk pengerukan pendalaman alur masuk ke pelabuhan. Tindakan itu diambil karena alur menuju pelabuhan masih sangat dangkal, terutama untuk dilalui kapal-kapal besar ukuran 30 gross ton.

“Jika anggaran itu tidak dipotong di akhir masa pemerintahan SBY, mungkin saat ini pembangunan sudah selesai,” ungkap Hasto.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY