Pelabuhan Tanjung Api-Api Akan Beroperasi Bulan Desember Tahun Ini

0
429
Ilustrasi, Salah satu kapal baru berangkat dari Pelabuhan Tanjung Api-api, Rabu (29/6/2016) (sripoku.com/Yandi Triansyah)

Palembang – (suaracargo.com)

Pelabuhan Tanjung Api-Api mulai beroperasi pada Desember 2017. Demikian disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melakukan kunjungan di Light Rail Transit (LRT) Sumatra Selatan dan Pelabuhan Tanjung Api-Api pada Sabtu (20/5).

“Pembangunan fisik sudah selesai dan sudah dapat beroperasi pada Desember 2017. Hanya setelah beroperasi masih perlu dilakukan pengerukan lagi menjadi 7 LWS, karena kedalaman pelabuhan sekarang hanya 3.5 LWS,” ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Ahad (21/5).

Budi menjelaskan perlunya perbaikan jalan yang menghubungkan antara pelabuhan dan kota Palembang serta pembangunan tol dan kereta api untuk menunjang kelancaran arus distribusi barang dan jasa dari dan ke pelabuhan. Ke depan, dirinya optimis dengan beroperasinya Pelabuhan Tanjung Api-Api dapat mendorong perkembangan industri di Sumatra Selatan.

“Kita harapkan Palembang dapat menjadi pelabuhan pengumpul akan efektif membawa barang-barang yang ada di Sumatra Selatan dan Jambi untuk dibawa ke Tanjung Priok sebelum akhirnya diekspor ke daerah lain,” ujar Budi.

Sementara itu Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono menjelaskan saat ini Pelabuhan Tanjung Api-Api mampu menampung kapal dengan bobot 464 GRT. “Rencana kedepan, Pelabuhan Tanjung Api-Api dipersiapkan dapat menampung kapal dengan bobot 1000 DWT,” tambah Tony.

Terkait pengoperasian Pelabuhan Tanjung Api-Api, Tonny mengatakan akan dikelola oleh Kementerian Perhubungan.Namun secara bertahap akan ditawarkan ke PT Pelindo II sebagai badan usaha milik negara bidang pelabuhan untuk mengelola Tanjung Api-Api.

Nantinya, Pelabuhan Tanjung Api-api memiliki dermaga dengan ukuran 50 X 20 meter, trestle ukuran 118 X 8 meter dan causeway ukuran 100 X 8 meter. Biaya pembangunannya melalui APBN 2004 sampai dengan 2017 dengan total 178,075 miliar.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here