Pelabuhan Tanjung Mas akan Dilengkapi Kereta Pelabuhan

0
414
Ilustrasi kereta pelabuhan ( Pelabuhan Tanjung Mas Semarang Akan Dilengkapi Kereta Foto: Rachman Haryanto / detik.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Setelah Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara dilengkapi jaringan kereta pelabuhan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) akan membangun jaringan rel sampai Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang.

“Di Semarang Tanjung Mas,” ungkap Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro kepada detikFinance di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (15/7/2016).

Pembangunan jaringan rel kereta pelabuhan di Semarang dilakukan untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan kerusakan jalan akibat truk barang. Dengan kereta, ketepatan waktu pengiriman peti kemas bisa dipenuhi daripada dengan truk.

banner-csm-atas

“Itu kita masuk itu tujuannya supaya peti kemas masuk tidak melalui Pantai Utara, karena jalanan rusak, kecelakaan bisa dikurangi, ketepatan waktu kalau pakai kereta bisa dipastikan nah itu tujuannya itu makanya kemarin kita bebaskan itu lahan hanya untuk nyambung menuju Tanjung Mas,” kata Edi.

Saat ini, pembangunan rel tersebut masih terkendala lahan karena lahan tersebut telah ditempati oleh warga yang rumahnya memiliki sertifikat resmi. Padahal, lahan tersebut tercatat milik PT KAI.

“Kita sedang proses mudah-mudahan itu bisa karena kita hanya ngambil 50 meter kok kalau tol kan butuh ratusan meter, kita butuh 50 meter hanya untuk melakukan kontainer yang dari pelabuhan. Kalau ini bisa masih ada beberapa rumah sih yang kita mau selesaikan faktanya dia punya sertifikat,” ujar Edi, seperti dilansir detik.com.

Ia menargetkan, tahun ini permasalahan pembebasan lahan tersebut sudah bisa diselesaikan. “Kalau bisa tahun ini, sulitnya itu gini selama tanahnya belum selesai ngaret jadinya kalau konstruksinya cepat,” tutupnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here