Pelabuhan Teluk Lamong Usung Konsep Green Port

0
375
Pelabuhan Teluk Lamong (Foto: ANTARA / Suryanto)
Pelabuhan Teluk Lamong (Foto: ANTARA / Suryanto)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengungkapkan, pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong akan dilengkapi banyak fasilitas tambahan. Bahkan, pelabuhan tersebut akan memiliki konsep go green atau green port. “(Pembangunan pelabuhan Teluk Lamong) Kita putuskan kita bangun dengan fasilitas tambahan. Kita juga ingin sekaligus desain yang ramah lingkungan,” ungkap Direktur Utama Pelindo III Djarwo Sudjanto, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (12/5/2015).

Djarwo menambahkan, Teluk Lamong merupakan terminal pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi dengan sistem semiotamatis. Selain itu, Teluk Lamong juga merupakan pelabuhan yang memiliki konsep go green atau green port.

Konsep green port sendiri, menurut Djarwo, digalakan untuk menggurangi gas karbon yang diakibatkan dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Pihaknya ingin berpartisipasi terhadap pengurangan gas karbon. Nantinya, pelabuhan ini akan mengandalkan tenaga listrik.

“Kita sudah berunding dengan stakeholder. Nanti truknya yang masuk terminal adalah truk yang menggunakan bahan bakar gas (BBG). Kalau yang belum, nanti (truk) berhenti di transit area nanti barangnya ditransfer ke truk yang BBG,” terangnya, seperti dilansir metrotvnews.com.

Djarwo berharap, dengan adanya pembangunan pelabuhan ini, wilayah Indonesia bagian timur yang masih belum sepenuhnya berkembang bisa dikembangkan lebih luas lagi. “(Ke depan) Kita bangun bukan hanya di pelabuhan di Surabaya, tapi di pelabuhan lain juga,” pungkas dia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here