Pelabuhan Tengkayu I Segera Dibenahi

0
443

Tanjung Selor – (suaracargo.com)

Peningkatan dan perluasan Pelabuhan Tengkayu 1 atau yang sering disebut Pelabuhan SDF Tarakan segera dimulai. Di sela pelaksanaan rapat evaluasi dan pengendalian pembangunan di Hotel Tarakan Plaza, Selasa (4/4), Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie dan Wali Kota Tarakan Sofyan Raga telah menandatangani MoU untuk pengembangan Pelabuhan Tengkayu I.

Bersamaan dengan itu juga dilakukan penandatanganan kontrak antara Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara dengan PT Cipta Semesta selaku pihak pelaksana kegiatan dari beberapa gabungan kontraktor.

Dengan telah adanya kontrak, pengembangan Pelabuhan Tengkayu tahap I dengan anggaran dari APBD Kaltara 2017 sebesar Rp 19 miliar itu, sudah bisa segera dimulai.

Gubernur mengungkapkan, pembangunan tahap pertama meliputi kegiatan reklamasi atau penambahan daratan di sekitar dermaga pelabuhan. Luas reklamasi sesuai informasi dari Dinas Perhubungan Kaltara sekitar 200×76 meter. Hasil reklamasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai sarana pembangunan di tahap selanjutnya.

Pengembangan Pelabuhan Tengkayu I yang merupakan pintu gerbang Kaltara, ditargetkan selesai sebelum masa jabatan gubernur Kaltara 2016 – 2021 mendatang. Secara bertahap setiap tahun dianggarkan hingga tuntas sesuai yang direncanakan.

Gambaran umum pelabuhan tersebut, ungkap Irianto, nanti akan diperluas baik terminal penumpang hingga dermaganya. Termasuk trestel yang direncanakan dibangun dua jalur. “Kita bisa lihat di dermaga itu sudah semakin sempit, ini akan berbahaya terutama bagi pejalan kaki, sangat mengganggu pengguna fasilitas pelabuhan,” kata Irianto.

Tak hanya itu, Pelabuhan Tengkayu I nanti dibangun dengan konsep modern yang diharapkan bisa membuat seluruh pengguna merasa nyaman. Termasuk kenyamanan untuk penyandang desabilitas, lansia dan lain-lainnya.

Untuk jalan yang ada, jelas Gubernur, tetap tidak diubah, hanya akan ada penambahan dua jalur masuk dan keluar, termasuk untuk pengguna jalan. “Pembangunan pelabuhan ini, juga tetap dengan konsep ramah lingkungan. Akan ada taman, areal hijau, serta fasilitas lainnya,” ujar Irianto lagi.

Perbaikan juga akan dilakukan pada terminal penumpang. Baik terminal kedatangan maupun keberangkatan yang menurutnya perlu adanya penambahan beberapa fasilitas seperti poliklinik, ruang khusus ibu hamil dan menyusui serta untuk anak balita.

“Jadi lebih indah dan membuat calon penumpang nyaman, sehingga kita buat sebaik mungkin,” jelasnya, seperti dilansir prokal.co.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyampaikan pembangunan fasilitas ini perlu didukung oleh semua pihak. Terutama masyarakat sendiri, dan tentunya dukungan dari DPRD. “Kalau memungkinkan di-multiyears-kan, kita multiyears-kan. Kalau tidak bisa, ya secara parsial bertahap tiap tahun dianggarkan. Dan tentunya kita harapkan dukungan dari DPRD,” imbuh Irianto.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here