Pelabuhan UPT Akan Dikelola Pelindo, Kemenhub Fokus Regulasi

0
219
ilustrasi pelabuhan (sindonews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi akan menyerahkan pengelolaan pelabuhan-pelabuhan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang selama ini berada di bawah pengelolaan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada BUMN Pelabuhan yakni PT Pelindo I sampai PT Pelindo IV.

Selama ini, pengelolaan kegiatan yang ada pelabuhan seperti bongkar muat peti kemas dikelola oleh 2 institusi, yakni Pelindo dan Kemenhub. Ke depan nanti, Kemenhub akan fokus sebagai regulator, bukan operator.

Hal ini disampaikan oleh Budi Karya usai rapat koordinasi di Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2016).

“Pelindo I, II, III, IV itu kan beberapa pelabuhannya itu dikelola dengan dua instansi. Dikelola oleh Perhubungan tapi juga dikelola Pelindo. Jadi kita akan upayakan pelabuhan seperti itu akan kita serahkan ke Pelindo. Supaya jelas, Kemenhub sebagai regulator dan Pelindo sebagai operator,” tambahnya, seperti dilansir detik.com.

Menurut Budi Karya, peningkatan peran BUMN pelabuhan, khususnya Pelindo, harus segera diupayakan untuk mempercepat target yang ditentukan oleh Pemerintah guna meningkatkan konektivitas barang dan orang.

“Saya pikir prinsipnya konektivitas. Jadi kalau yang sudah dibangun mungkin kita lihat apakah langsung dengan BUMN. Tinggal kita lakukan semacam sewa lah dari mereka. Tapi memang penting harus menjadi perhatian, karena apa yang kita bangun itu harus diikuti daerah itu bisa dicapai dengan baik oleh penumpang atau turis. Jangan sampai ada pelabuhan, ada bandara tapi tidak bisa dicapai. Apakah Pelindo kita dorong, atau Pelni, atau swasta yang lain,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana menyambut baik gagasan penyerahan pelabuhan Kemenhub kepada BUMN. Dengan penyerahan tersebut, konektivitas barang dan orang bisa berjalan cepat karena fokus dikelola.

“Ide itu bagus. Kita siap untuk mengoperasikan pelabuhan yang selama ini dikelola oleh UPT (Unit Pelayanan Teknis). Dengan nantinya disatukan pelabuhan Pelindo dengan UPT, maka konektivitas barang dan orang akan lebih bagus,” ujar Bambang.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY