Pelaku Industri Logistik Maritim Gagas Pengembangan Sistem Logistik Online

0
388
Ilustrasi Pelabuhan (okezone.com)

Makassar – (suaracargo.com)

Pelaku industri kemaritiman Tanah Air akan membangun sistem informasi berbasis daring atau online untuk menunjang operasional lintas sektor.

Ketua Asosiasi Logisitik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Sulsel, Syaifuddin Saharuddi mengatakan, pengembangan sistem informasi online itu menjadi salah satu poin utama pembahasan pelaku usaha dalam rembuk nasional kemaritiman di Balikpapan.

Menurutnya, pengembangan sistem informasi lintas sektor dalam kerangka industri kemaritiman itu dinilai mampu menjadi katalis dalam peningkatan kapasitas bisnis dan pemangkasan ongkos logisitik di Tanah Air.

“Paling tidak jika ini telah terealisasi , koordinasi antarpelaku industri kemaritiman dan logisitk bisa lebih optimal sehingga satu permasalahan bisa teratasi,” katanya, Jumat (22/4/2016).

Di sisi lain, pelaku usaha lintas sektor dalam kerangka industri kemaritiman juga mendorong pemerintah agar lebih agresif pengembangan fasilitas penunjang disertai dengan relaksasi atau pelonggaran terhadap sejumlah regulasi yang dinilai memberatkan.

Adapun serangkaian langkah strategis itu dihasilkan dalam Rembuk Nasional Maritim yang diselenggarakan oleh asosasi lintas kepelabuhanan yang meliputi INSA, APBM serta ALFI.

“Pelaku usaha sendiri kita akan bangun sistem informasi daring, sedangkan untuk infrastruktur dan regulasi kita harap segera dioptimalkan pemerintah,” papar Syaifuddin, seperti dilansir bisnis.com.

Khusus pembangunan sistem informasi daring asosiasi lintas kepelabuhanan, lanjutnya, sudah dalam tahap finalisasi dengan melibatkan pelaku industri kemaritiman sehingga lebih otpimal.

“Gagasan ini dari teman-teman stakeholder maritim di Makassar, kita harap agar ada keterlibatan langsung daerah atau kota lain agar cakupannya lebih luas, nusantara secara keseluruhan.”.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here