Pelindo Akan Kembangkan Pelabuhan Sukabangun Ketapang

0
487
Pertemuan Pihak Pelindo bersama Bupati Ketapang di Pendopo Bupati Ketapang, Senin (27/2). (Tribun Pontianak / istimewa)

Ketapang – (suaracargo.com)

Pihak Pelindo akan mengembangkan Pelabuhan Sukabangu Ketapang. Kepastian pengembangan pelabuhan ini disampaikan General Manager Pelindo II Pontianak, Wahyu ketika audiensi ke Bupati Ketapang, Martin Rantan di Pendopo Bupati Ketapang, Senin (27/2).

Kunjungan pihak Pelindo didukung Bupati Ketapang dan langsung dilakukan rapat khusus yang melibatkan pihak Kejaksaaan Negeri Ketapang dan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Ketapang.

Menurut Bupati pihaknya sangat merespon untuk peningkatan pelayanan pelabuhan domestik di Pelabuhan Sukabangun yang dilakkukan Pelindo. Pengembangan tersebut, tidak hanya pelayanan penumpang, tetapi juga pelayanan Peti Kemas.

“Kita sangat mendukung, sekalian mengelar rapat khusus, sampai didampingi Kejari Ketapang dalam hal ini TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah-red),” kata Bupati Ketapang.

Selain membahas rencana penngembangan pelayanan Pelabuhan Sukabangun sampai ke Pelayanan Peti Kemas. Pihak Pemkab Ketapang juga menyampaikan rencana pengembangan Pelabuhan Internasional di Perairan Pelang. Hal tersebut memang baru tahap wacana. Jika ada dukungan, rencana itu akan dilanjutkan perencanaan pembangunannya. Sementara itu General Manager Pelindo II Pontianak membenarkan rencana pengembangan Pelabuhan Sukabangun.

Menurutnya, Pelindo memang merencanakan pengembangan Pelabuhan Sukabangun. Harapan mereka, rencana pengembangan Pelabuhan Sukabangun mendapat dukungan Pemkab Ketapang. Pengembangan pelabuhan multi fungsi dimaksudkan pada kawasan ini dapat melayani pelayanan peti kemas dan non peti kemas. Khususnya melayani bongkar muat barang-barang kebutuhan masyarakat sehari-hari. Karena tu dalam perencanaan pengembangan ini perlu ada sinkronisasi dengan rencana pembangunan daerah yang direncanakan Pemkab Ketapang.

“Tadi sudah disampaikan oleh Bupati rencana pembangunan Pelabuhan Pelang bertaraf internasional. Artinya dengan rencana disana kita juga akan support,” tegas Wahyu.

Dukungan Pemda untuk pengembangan Pelabuhan Sukabangun tersebut, maka dalam waktu dekat pihaknya akan sudah menuntaskan proses administrasi. Setelah itu tahapan-tahapan lainnya, termasuk pelelangan dan lain sebagainya.

Dengan begitu pada tahun depan sudah diharapkan realisasi fisik pengembangan Pelabuhan Sukabangun sudah bisa dilihat. Setelah dilakukan pertemuan khusus yang dihadiri pimpinan instansi terkait. Selanjutnya dilakukan peninjauan kondisi pelabuhan Sukabangun.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here