Pelindo Dukung Kota Tegal Bangun Pelabuhan Internasional

0
756

siti-masitha-dan-djarwo-dirut-pelindo

Setelah Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ignatius Jonan, memberikan sambutan positif terhadap pengembangan Pelabuhan Kota Tegal, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) pun mendukung dan siap untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal dalam rangka mengembangkan Pelabuhan Kota Tegal menjadi Pelabuhan Internasional. Bahkan Pelindo terbuka untuk melaksanakan berbagai bentuk kerjasama dengan Pemkot Tegal.

Dukungan Pelindo tersebut disampaikan Direktur Utama PT Pelindo III (Persero) Djarwo Surjanto. Beliau menyampaikan dukungan itu saat menerima kunjungan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno di Ruang Kerja Direktur Utama PT Pelindo di Kantor Pusat PT Pelindo III (Persero) Jl Perak Timur Surabaya, Rabu (03/12) kemarin. Wali Kota didampingi Plt Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, Kepala Diskimtaru Kota Tegal Nur Effendi, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kota Tegal Drs Johardi. Sementara Djarwo didampingi Sekretaris Perusahaan Yon Irawan.

“Prinsip kita terbuka untuk kerjasama. Berbagai bentuk kerjasama dapat kita lakukan untuk bisa kembangkan pelabuhan,” ungkap Djarwo, sebagaimana dilansir tribunnews.com. Apalagi, kata Djarwo, pengembangan pelabuhan juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama nelayan Kota Tegal, melalui berbagai upaya pemberdayaan nelayan dengan meningkatkan fasilitas secara modern. Hal ini juga menjadi pemikiran Djarwo yang merasa bersalah dan mengakui selama ini kurang memperhatikan Pelabuhan Kota Tegal.

Namun, menurut Djarwo, masih ada beberapa kendala atau handycap yang dihadapi dalam upaya pengembangan pelabuhan Kota Tegal. Salah satu kendala itu adalah kedalaman jalan masuk atau akses kapal hanya 2-3 meter.

Padahal standar pelabuhan internasional memiliki kedalaman lebih dari 10 meter. Meskipun sudah ada teknologi untuk mengeruk sedimen, tetapi harus dikaji dahulu berapa investasi yang harus dikeluarkan dan berapa lama modal akan kembali.

Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno mengatakan niat dan upaya Pemkot Tegal mengembangkan Pelabuhan Kota Tegal menjadi pelabuhan internasional bak gayung bersambut. Pelindo menyatakan siap bekerja sama dengan Pemkot Tegal.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here