Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun Bersiap MoU Dengan Pemkab Karimun

0
262
Pelabuhan Batuampar, Batam (beritatrans.com)

Batam – (suaracargo.com)

General Manager PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Tanjungbalai Karimun Syahri Ramadhana, mengaku pihaknya sedang mempersiapkan administrasi untuk melakukan nota kesepahaman (Memorandum Of Understanding) dengan Pemerintah Kabupaten Karimun. Hal ini menindaklanjuti pertemuan Pemkab Karimun di kantor pusat PT Pelindo Pusat di Medan beberapa waktu lalu.

“Yang pasti kita (Pelindo-red) mendukung perkembangan pelabuhan penumpang maupun kargo yang lebih baik. Demi kemajuan Kabupaten Karimun ke depan,” jelas GM Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun Syahri Ramadhana, kemarin (26/1).

Relokasi kedua pelabuhan tersebut sudah sangat tepat mengingat kota Karimun saat ini sudah berkembang dengan pesat. Dan dipastikan, pada tahun-tahun mendatang, kota itu akan terus berkembang dengan meningkatnya mobilitas pelabuhan baik kargo maupun penumpang International dan Domestik.

“Anda bisa lihat sendiri, saat ini saja sudah padat aktivitas di pelabuhan tersebut. Dan relokasi tersebut dipastikan, terealisasi di tahun ini. Namun, secara bertahap dilakukan ketika semua infrastruktur sudah siap baik di pelabuhan penumpang yang baru maupun pelabuhan Parit Rampak,” ungkapnya, seperti dilansir batampos.co.id.

MoU kedua belah pihak yang sudah dilaksanakan tersebut akan dilanjutkan dengan melakukan survei lokasi oleh konsultan secara independen. Dalam hal ini, pelabuhan penumpang yang akan dibuat di wilayah Coastal Area maupun di Parit Rampak harus benar-benar memenuhi standar yang berlaku. Sehingga, dapat dilakukan relokasi dengan ketetapan hukum.

“Khusus pelabuhan penumpang baik domestik maupun international, nanti kita desain lebih modern lagi. Dan bekas pelabuhan lama, akan dimanfaatkan untuk keperluan lainnya yang akan didudukan bersama Bupati,” tuturnya.

Pantauan di lapangan, aktivitas bongkar muat dipelabuhan taman bunga tetap berjalan seperti biasa. Yang berdampingan dengan pelabuhan penumpang, sehingga terkesan kurang enak dipandang. Namun demikian, pelabuhan penumpang saat ini sudah tertib walaupun dengan kondisi wilayah yang sempit.

“Lumayanlah bang. Sekarang sudah tertib dan teratur, kemana penumpang akan berangkat dan datang ada petunjuk arahnya,” singkat Rani salah seorang warga yang akan berangkat ke luar daerah.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY