Pelindo I Terus Berupaya Wujudkan Kinerja dan Jasa Kepelabuhanan di Pelabuhan Belawan

0
71
Ilustrasi CPO (riaupos.co)

Jakarta – (suaracargo.com)

Sejalan dengan transformasi yang dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, Pelindo 1 terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan. Upaya tersebut diwujudkan dengan melakukan pembenahan pada setiap pelabuhan, salah satunya adalah Pelabuhan Belawan. Pelindo 1 mengoptimalisasi potensi yang dimiliki Pelabuhan Belawan yang menjadi pelabuhan utama di pesisir pantai timur Sumatera.

“Pembangunan Dedicated Terminal yang berupa Terminal CPO Antar Pulau dan Car Terminal semakin melengkapi fasilitas yang dimiliki Pelabuhan Belawan. Pembangunan Terminal CPO Antar Pulau ini bertujuan untuk menambah kapasitas bongkar muat CPO menjadi sebesar 1,8 juta/tahun. Sedangkan, pembangunan Car Terminal di lahan eks dermaga 004 Pelabuhan Belawan Lama menjadi jawaban dari tuntutan pengguna jasa yang setiap bulan rutin mendatangkan ratusan unit mobil baru dari Jakarta,” jelas Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo 1.

Pelindo 1 membangun cold storage untuk memfasilitasi produk-produk holtikultura dari hasil pertanian yang akan diekspor keluar Sumatera Utara agar bisa disimpan langsung di Pelabuhan Belawan. Pembangunan cold storage menjadi fasilitas yang disediakan di Terminal Holtikultura ini diharapkan mampu menekan biaya logistik produk holtikultura.

Tak hanya itu, Pelindo 1 juga mengembangkan terminal multipurpose Pelabuhan Belawan yang terdiri dari Terminal Curah Kering dengan kapasitas sebesar 1 juta ton, Terminal General Cargo, dan Dermaga IKD (Industri Kimia Dasar). Dengan begitu diharapkan akan meningkatkan produktivitas dan kelancaran operasional bongkar muat barang, serta menambah kapasitas bongkar muat komoditi baik curah kering maupun general cargo di Pelabuhan Belawan.

Penataan terminal penumpang juga menjadi fokus Pelindo 1 untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut. Pelindo 1 meresmikan pengoperasian Terminal Bandar Deli pada bulan Juni 2016 ini mampu menampung sebanyak 2.500 orang. Terminal penumpang ini menjadi terminal penumpang terbesar dan termegah ketiga di Indonesia dilengkapi dengan fasilitas modern yang lengkap, seperti: ketersediaan garbarata yang mampu mempermudah para penumpang naik dan turun menuju kapal, pemasangan automatic gate, guest house, arena bermain anak, dan fasilitas penunjang lainnya.

Selain itu, Pelindo 1 telah melakukan pembetonan seluruh jalan di dalam area pelabuhan yang berfungsi untuk penataan area yang lebih tertib dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jasa. Pelindo 1 juga melakukan penataan akses jalan raya pelabuhan dengan membangun rigid beton jalan raya pelabuhan sepanjang 4,95 km dari Kampung Salam sampai gate BICT. Hal ini dilakukan untuk mempermudah akses para pengguna jasa menuju Pelabuhan Belawan.

“Pelindo 1 mengembangkan Pelabuhan Belawan secara kontinu merupakan komitmen Pelindo 1 untuk melakukan perubahan yang bertujuan untuk membantu menekan biaya logistik nasional dengan mewujudkan program tol laut serta sebagai dukungan untuk percepatan pembangunan nasional,” tutur Bambang Eka Cahyana, seperti dilansir Warta Kota.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY