Pelindo II Diminta Kerjasama Dengan Pemda Kelola Pelabuhan Panjang

0
392
ilustrasi pelabuhan (Foto: Wilpret Siagian/detik.com)

Lampung – (suaracargo.com)

Usai meninjau Bandara Raden Inten di Lampung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Panjang pada hari Minggu (20/11).

Pelabuhan Panjang merupakan pelabuhan internasional yang terletak di Kecamatan Panjang, Bandar Lampung. Pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan besar di Indonesia dan terbesar di Sumatera.

Budi mengatakan, Pelabuhan Panjang ini menjadi salah satu pelabuhan pengeskpor hasil bumi terbesar di Indonesia. Terkait pengembangan pelabuhan, menurutnya, selama ini ada tarik-menarik antara pengelola pelabuhan Pelindo II dengan pemerintah daerah (pemda).

Budi menyarankan agar Pelindo membuat anak perusahaan yang bisa bekerja sama dengan pemda agar pemda setempat tetap mendapat pemasukan dari pelabuhan.

“Selama ini ada tarik-menarik dengan pemda. Enggak boleh dikembangkan karena ingin mendapatkan pendapatan asli daerah dari situ. Nah, saya sarankan tadi, bikin saja anak usaha Pelindo bersama pemda sehingga tetap mendapatkan pemasukan,” ujarnya seperti yang disebutkan dalam siaran pers Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (20/11).

Hal lain yang diungkapkan oleh Menhub Budi dalam tinjauannya adalah pembukaan rute roro dari Lampung ke Jakarta (Pelabuhan Tanjung Priok). Pembukaan rute itu bertujuan untuk mengurangi beban jalan dari Merak ke Jakarta melalui jalur darat yang sudah padat.

“Kapal roro itu kan memuat truk-truk. Kita tahu dari Merak sampai Jakarta padatnya setengah mati dan itu sebagian truknya dari Sumatera. Kita akan buat dari Lampung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Bali. Ini bagus sekali karena akan banyak bahan baku di sini kita kirim ke daerah lain. Tinggal arus baliknya,” ujarnya, seperti dilansir beritasatu.com.

Penulis: Thresa Sandra Desfika/JAS
Editor : M. Nahar

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY