Pelindo II Mulai Benahi Pelabuhan di Bengkulu

0
433
Pelabuhan Bengkulu terancam lumpuh total (Liputan6.com / Yuliardhi Hardjo Putro)

Bengkulu – (suaracargo.com)

Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Bengkulu dengan luas area 1200 hektar (ha) atau terluas diantara lahan pelabuhan yang ada di Pulau Sumatera mulai berbenah, termasuk pendangkalan alur yang menahun yang selama menjadi kendala. Per April tahun 2017, pendangkalan laur ini sudah tidak lagi terjadi usai dilakukannya pengerukan dan kedalaman alur telah minus 10 LWS (low water spring).

Selain itu waktu bongkar muat atau dwelling time yang sempat menjadi perhatian Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu sudah lebih cepat dari biasanya.

“Dwelling time di pelabuhan ini sekarang hanya 3 hari saja, dan sekarang bukan lagi pihak kapal yang menunggu waktu bongkar justru sebaliknya kami pihak pelabuhan menunggu kapal berikutnya,” ujar Drajat, seperti dilansir metrotvnews.com.

Upaya lain yang tengah dilakukan Pelindo II Bengkulu saat ini sejalan dengan rencana induk pelabuhan Kementerian Perhubungan tahun 2016. Perusahaan plat merah itu sekarang sedang menyusun rencana pembangunan kawasan industri dimana dilahan yang masih tersisa cukup luas itu akan disediakan pula lahan seluas 250 Ha untuk investor mendirikan pabrik disamping pembangunan terminal CPO dan Batu Bara terintegrasi dengan peri kemas.

“Para investor akan kita ajak untuk duduk bersama membahas investasi mereka, dan pertimbangannya bila pabrik mereka dibangun dekat pelabuhan maka pemilik modal akan diuntungkan dan masyarakat sekitar pasti akan berdampak pada kesejahteraaanya dengan ketersediaan lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Drajat optimis pelabuhan Bengkulu mampu menjadi pelabuhan internasional dan menopang sejumlah provinsi terdekat yang tidak memiliki pelabuhan laut seperti Sumatera Selatan dan Jambi.

“Bila pelabuhan internasional, maka dapat menopang jalur perekononian provinsi jambi dan Sumatera Selatan atau bahkan wilayah sumatera bagian selatan,” pungkasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here