Pelindo III dan Pemkab Lombok Barat Akan Bangun Pelabuhan Gilimas

0
504
Petugas melakukan pengecekan kapal feri saat sidak arus mudik lebaran di Pelabuhan Lembar, Gerung, Lombok Barat, NTB, Rabu (31/7). ANTARA/Ahmad Subaidi

suaracargo.com

Pelindo III sebagai pengelola Pelabuhan Lembar akan bekerjasama Pemkab Lombok Barat dalam membangun Pelabuhan Gilimas. Pembangunan pelabuhan Gilimas itu adalah untuk meningkatkan pelayanan logistik kepada masyarakat Pulau Lombok dan kawasan kepulauan Nusa Tenggara pada umumnya.

“Pelindo III selain mengembangkan lima dari 24 pelabuhan yang termasuk dalam Program Tol Laut oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo, juga akan mengembangkan dua pelabuhan lainnya, yakni Pelabuhan Benoa Bali dan Pelabuhan Lembar Lombok,” ujar Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum Pelindo III pada keterangan tertulisnya, Selasa (12/01/2016).

Toto menambahkan, pihaknya mengaku salut dengan soliditas dukungan bupati sebagai representasi Pemkab juga DPRD yang sangat penting untuk memajukan suatu daerah. Pelindo III sebagai BUMN kepelabuhanan pemerintah, lanjut Toto, tak hanya mencari keuntungan. Namun, BUMN itu justru berperan sebagai agen pembangunan pemerintah.

“Pembangunan pelabuhan bakal mencirikan arsitektur lokal, misalnya unsur bencingah atau pendopo khas Lombok. Total nilai investasi yang digelontorkan Pelindo III untuk proyek tersebut mencapai 453 miliar. Dukungan positif dari pemerintah kabupaten dan DPRD ini menjadi dorongan semangat bagi Pelindo III untuk mewujudkan dedikasi bagi pembangunan negeri, termasuk kawasan timur Nusantara,” papar Toto, seperti dilansir lensaindonesia.com.

Secara terpisah, Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat mengatakan, rencana pihak lain yang ingin membangun infrastruktur tak jauh dari lokasi pembangunan Pelabuhan Gilimas telah ditahan. “Kami minta untuk berkoordinasi dengan Pelindo III, agar tidak malah mengganggu. Karena pembangunan sektor pariwisata menjadi tujuan utama pengembangan di Lombok Barat,” tandas Fauzan.

Pelabuhan merupakan pintu gerbang masuknya turis. Untuk itu, ia berjanji untuk mempercepat proses perizinan. “Begitu berkas lengkap, akan kami percepat. Demi investasi untuk masyarakat,” tegas Fauzan.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here