Pelindo III Optimis Bisa Bangun 5 Pelabuhan Strategis Dalam 2 Tahun

0
365

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III optimis dapat membangun lima pelabuhan strategis di Indonesia dalam kurun waktu dua tahun mendatang.

Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, mengatakan, kelima pelabuhan strategis yang dibangun sudah masuk dalam tahap satu dan masuk tahap penyelesaian.

“Lima pelabuhan strategis diharapkan kita selesaikan dalam waktu dua tahun ke depan,” kata Djarwo, dalam acara Sinergi BUMN untuk Transformasi Indonesia, di Hotel Dharmawangsa, Jalan Brawijaya, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Dia mencontohkan, Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya, pembangunan tahap awal (basic infrastructure) dan Teluk Lamong pun sudah selesai. Selain itu masih ada empat pelabuhan yang lainnya seperti Tanjung Emas, Banjarmasin, Kupang, dan Sampit, namun dia tidak merinci perkembangannya.

Pembangunan lima pelabuhan strategis ini, menurut Djarwo, tidak mengandalkan dana Penyertaan Modal Negara (PMN). Dia mengakui, perseroan sudah mengeluarkan dana Rp8 triliun untuk pelabuhan tersebut. Namun, perseroan tetap membuka sinergi bagi perusahaan lain yang ingin masuk dalam pembangunan.

“Soal 24 pelabuhan, tadinya mau dapat PMN. Tapi di akhir ditunda. Kalau ada yang mau sinergi, kami terbuka,” ungkap dia, seperti dilansir metrotvnews.com.

Djarwo menjelaskan, dengan adanya pelabuhan strategis ini, profitabilitas perusahaan akan terdongkrak sehingga keuntungan tersebut bisa dialokasikan untuk membangun pelabuhan-pelabuhan kecil.

“Yang kita bangun sekarang adalah untuk meningkatkan profitabilitasnya. Nanti dari profitabilitas yang kita dapat kita akan gunakan dananya untuk pelabuhan-pelabuhan kecil,” jelas dia.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here