Pelindo III Siap Revitalisasi 6 Pelabuhan di Provinsi Nusa Tenggara Timur

0
253
Logo Pelindo III (republika.co.id)

Kupang – (suaracargo.com)

Sebanyak enam pelabuhan terminal di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) segera direvitalisasi pada tahun ini. Enam pelabuhan tersebut dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.

“NTT mendapat jatah enam pelabuhan terminal dan terbanyak dari 11 pelabuhan yang akan direvitasilasi oleh Pelindo III di wilayah Indonesia Timur,” kata General Manejer Pelindo III Denny Wuwungan di Kupang, Rabu (21/9).

cs2854nviaemupo

Ia menyebutkan enam pelabuhan yang segera direvitalisasi itu adalah Tenau Kupang, Waingapu Kabupaten Sumba Timur, Ende, Kalabahi Kabupaten Alor, Maumere Kabupaten Sikka serta pelabuhan Ippi.

Namun dari enam pelabuhan itu, lanjut Denny, hanya lima pelabuhan saja yang dirombak secara keseluruhan. Tetapi untuk pelabuhan Tenau Kupang, hanya ada perbaikan kebutuhan pelabuhan yang masih kurang.

“Pembangunan enam dari 11 pelabuhan itu dibangun dari dana Pelindo III sendiri dengan tidak membebankan pemerintah pusat,” ujarnya, seperti dilansir republika.co.id.

Sementara itu, lima pelabuhan lain yang juga akan direvitalisasi oleh Pelindo III adalah Pelabuhan Lembar & Bima di NTB, Pelabuhan Sampit dan Kumai di Kalimantan Tengah, serta Pelabuhan Batulicin Kalimantan Selatan. Dari 11 pelabuhan yang akan direvitalisasi tersebut anggaran yang dikeluarkan oleh Pelindo III sebesar Rp 350 miliar.

Denny menambahkan, revitalisasi enam pelabuhan di NTT itu adalah yang pertama untuk membantu meningkatkan geliat pariwisata di provinsi berbasis kepulauan itu yang saat ini dikenal dengan nama New Tourism Teritory. Disamping itu, revitalisasienam pelabuhan terminal itu juga dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik untuk mempercepat pembangunan ekonomi nasional berbasis maritim.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY