Pelindo III Tambahkan STS Crane di TPKS Tanjung Emas

0
364

Semarang – (suaracargo.com)

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus menambah peralatan bongkar muat di beberapa pelabuhan yang dikelolanya. Dua unit Ship to Shore (STS) crane yang baru telah tiba di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Pelabuhan Tanjung Emas, Jawa Tengah, Senin (30/11) kemarin.

STS crane atau yang biasa disebut Container Crane tersebut akan memperkuat kinerja handling di satu-satunya terminal bongkar muat peti kemas yang ada di Provinsi Jawa Tengah tersebut. “Kelebihannya mulai dari kapasitas angkat yang mencapai maksimal 40 ton, kinerja bongkar muat mencapai 35 boks/crane/jam, dan berteknologi ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik,” kata Erry Akbar Panggabean, General Manager Pelindo III TPKS.

Erry Akbar menjelaskan nilai investasi yang telah dikeluarkan Pelindo III untuk dua unit STS crane tersebut mencapai 12,5 juta dollar Amerika Serikat. Selain itu, kedatangan dua unit crane tersebut merupakan salah satu bentuk investasi yang dilakukan Pelindo III untuk meningkatkan layanan ekspor impor di TPKS.

Lebih lanjut Erry menjelaskan, Pelindo III juga telah menyelesaikan penambahan dermaga untuk TPKS yang sebelumnya sepanjang 495 meter menjadi 600 meter. Selain itu, BUMN tersebut juga melakukan penambahan lapangan penumpukan peti kemas (container yard) baru seluas 5,3 hektar.

Erry menambahkan Pelabuhan Tanjung Emas sangat siap menjadi gerbang perekonomian utama di Jawa Tengah. Selain kini diperkuat dengan tujuh STS crane (termasuk dua yang baru tiba). Belum lama ini Pelindo III juga telah mendatangkan peralatan bongkar muat canggih lainnya.

Tidak tanggung-tanggung sebanyak 11 unit Automatic Rubber Tyred Gantry (A-RTG) yang dapat beroperasi secara otomatis tersebut telah tiba dan saat ini sedang dalam proses perakitan. “Dengan pengoperasian A-RTG ini, akan menjadikan TPKS sebagai salah satu terminal peti kemas di dunia yang paling awal mengoperasikan teknologi canggih dari Finlandia tersebut,” pungkas Erry, seperti dilansir maritimedia.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here