Pelindo IV Akan Bangun Koneksi ke Seluruh Pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia

0
261
ilustrasi pelabuhan (riauheadline.com)

Makassar – (suaracargo.com)

PT Pelindo IV akan membangun koneksi seluruh pelabuhan se-Kawasan Timur Indonesia (KTI) untuk memperpendek jarak dan memangkas biaya kargo. Sebelumnya, direct call dibuka di Makassar ke beberapa negara Asia seperti Malaysia, Filipina, dan Hongkong Desember lalu.

Sementara itu, jalur tambahan ke Jepang dan Korea Selatan baru dibuka pada bulan Januari 2016. Dirut PT Pelindo IV Makassar, Doso Agung, menjelaskan, sebelumnya adanya direct call, seluruh kargo ekspor harus melalui Surabaya dan Jakarta. Biayanya pun terbilang mahal. Sehingga, dengan adanya direct call melalui Makassar, biaya pengiriman bisa dihemat minimal 40 persen dan waktu pengiriman hingga 50 persen.

”Nantinya, akan dilaksanakan forum konsultasi untuk bertemu gubernur se-KTI yang difasilitasi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia. Untuk mengkoneksikan seluruh pelabuhan di KTI. Kami ingin ada kerjasama agar seluruh pelabuhan terkoneksi dan kami akan lengkapi dengan sistem dan teknologi,” jelasnya usai bertemu Gubernur Sulsel di ruang kerja Gubernur, Selasa (12/1/2015).

Ia menambahkan, direct call Makassar tersebut masih membutuhkan sosialisasi kepada pengusaha. Sebab, para pengusaha masih banyak mengekspor lewat Surabaya dan Jakarta. “Pengusaha masih ekspor lewat Surabaya dan Jakarta. Sehingga butuh sosialisasi ke pengusaha kalau disini juga sudah bisa,” tambahnya, seperti dilansir rakyatku.com.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo berjanji, pihaknya akan memfasilitasi konektifitas seluruh pelabuhan se-KTI. Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut memang dibutuhkan campur tangan semua pihak, termasuk para gubernur. “Saya akan bicarakan ini dengan gubernur se-KTI,” katanya singkat.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here