Pelindo IV Belum Ingin Serahkan Pelabuhan Kelolaan Mereka

0
395
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)
ilustrasi pelabuhan (beritasatu.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Pelindo IV (Persero) menyatakan belum berminat untuk menyerahkan pelabuhan-pelabuhan yang dikelola perusahaan tersebut kepada pemerintah sebagaimana yang dianjurkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beberapa waktu lalu.

Direktur Utama Pelindo IV Mulyono mengungkapkan, alasan pihaknya tidak menyerahkan pelabuhan-pelabuhan itu. Menurut dia, semua pelabuhan yang dikelola pihaknya masih memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sehingga nantinya memiliki nilai komersial tinggi.

“Malah kami sudah mengirimkan surat kepada pemerintah, dalam hal ini Kemenhub, yang berisi tentang ketertarikan kami untuk mendapatkan hak pengelolaan 16 pelabuhan UPT (unit pelaksana teknis),” terang Mulyono di Jakarta, baru-baru ini.

Namun demikian, dia menjelaskan, pihaknya belum mendapatkan respons dari pemerintah terkait ketertarikan pihaknya atas 16 pelabuhan UPT itu. Ke-16 pelabuhan yang dimaksud adalah Pelabuhan Baubau di Sulawesi Selatan, Pelabuhan Anggrek di Sulawesi Tenggara, dan Pelabuhan Tanah Grogot di Kalimantan Timur.

Namun demikian, lanjutnya, Pelindo IV belum mengetahui perubahan rencana Kemenhub yang segera mengubah manajemen 116 pelabuhan UPT menjadi badan layanan umum (BLU). Pelindo IV masih berharap Kemenhub memberikan restu untuk mengelola 16 pelabuhan yang diminatinya.

“Kami tidak tahu apakah kesempatan kami untuk mengelola pelabuhan-pelabuhan tersebut sudah ditutup atau belum. Kami belum mendapatkan informasi yang jelas dari pemerintah mengenai hal itu,” pungkas Mulyono, seperti dilansir beritasatu.com.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here