Pelindo IV Targetkan Pelabuhan Tunon Taka Rampung Akhir Tahun Ini

0
387
Pembangunan Pelabuhan Internasional Tunon Taka, Nunukan, Kaltara. (Riko Aditya/Radar Tarakan)

Nunukan – (suaracargo.com)

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Nunukan menargetkan pengerjaan Pelabuhan Internasional Tunon Taka, Nunukan, akan rampung akhir tahun ini, yakni Desember 2017 mendatang.

Pelabuhan yang sehari-harinya melayani jalur laut dengan rute domestik dan mancanegara itu sedang dikerjakan dan sudah memasuki tahap pemasangan tiang pancang.

Manajer Operasional PT Pelindo IV Nunukan, Berly Sianapati mengungkapkan, pengerjaan Pelabuhhan Internasional Tunon Taka hingga kini masih dalam proses tahap awal.

“Informasi terakhir yang saya dapatkan, pengerjaanya sudah sampai tahap pemasangan tiang pancang, di mana titik tiang pancang yang terpasang sudah sebanyak 65 titik,” ungkapya kepada Radar Nunukan (Jawa Pos Group).

Menurut dia, pengerjaan kali pertama berjalan tepat pada November 2016 lalu. Sementara itu, kontrak pengerjaannya berakhir hingga akhir 2017. “Jadi, kami pastikan rampung dan bisa beroperasi di tahun 2018 mendatang,” kata Berly.

Meski pengerjaan masih dalam tahap awal, pihaknya berharap agar pengerjaan dapat terselesaikan tepat waktu. Sehingga, pengerjaan itu tidak akan sampai menganggu pelayanan penumpang yang menggunakan pelabuhan kebanggan bumi Penekindi Debaya-sebutan lain Kabupaten Nunukan itu.

Berly juga mengungkapkan bahwa anggaran yang digunakan murni dari internalnya. Untuk pengerjaan peningkatan Pelabuhan Tunon Taka tersebut, pihaknya menganggarkan dana hingga Rp 120 miliar. Diproyeksikan, pelabuhan tersebut nantinya bakal menjadi salah satu pelabuhan kebanggaan Kaltara dan menyaingi Pelabuhan Malundung di Kota Tarakan.

“Semua pembiayaan ditanggung Pelindo, dana tersebut tentunya akan membuat perubahan mendatang. Kita akan lengkapi fasilitas baik dari embarkasi ataupun debarkasi yang kekirian,” pungkas Berly.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here