Pelindo IV Tunggu Amdal Pengembangan Pelabuhan Semayang

0
410
Gerbang Pelabuhan Semayang (industri.bisnis.com)
Gerbang Pelabuhan Semayang (industri.bisnis.com)

Balikpapan – (suaracargo.com)

PT Pelindo IV Cabang Balikpapan masih menanti rampungnya izin analisis dampak lingkungan (Amdal) yang sedang diproses oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Tanpa Amdal tersebut, PT Pelindo IV tidak bisa mengerjakan proyek perluasan Pelabuhan Semayang, Balikpapan. “Izin amdal ini yang paling penting. Kami harap ini bisa segera selesai. Pengurusan amdal ini juga kami konsultasikan dengan konsultan,” tutur General Manager PT Pelindo IV Cabang Balikpapan Mohammad Subiyan, Selasa (12/5/2015).

Dia menargetkan pengurusan izin amdal di kementerian akan selesai paling lambat pada Juli mendatang. Setelah Amdal didapatkan, untuk tahap selanjutnya, pihaknya akan mengurus izin reklamasi ke Kementerian Perhubungan melalui Departemen Hubungan Laut. “Setelah semua pengurusan izin selesai nanti baru akan mulai persiapan pelelangan secara terbuka di kantor pusat. Jadi saat ini, semua proses perizinan masih sangat on the track,” lanjutnya.

Menurutnya, proses reklamasi pantai untuk perluasan pelabuhan diperkirakan baru dapat dilakukan pada tahun mendatang. Subiyan berharap proses lelang tak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk mendapatkan pemenang lelang, sehingga reklamasi dapat segera berjalan.

Sebelumnya, PT Pelindo IV Cabang Balikpapan akan mereklamasi areal laut seluas 4,5 Ha di sekitar Pelabuhan Semayang untuk menambah luasan pelabuhan tersebut. Untuk reklamasi, Pelindo telah menganggarkan dana sekitar Rp120 miliar.

Dari rencana yang sudah dibuat, Pelindo akan membangun empat bagian pelabuhan, yakni area parkir, area supply base sebagai segmen bisnis baru, area kuliner untuk pedagang-pedagang di pelabuhan, dan area car terminal untuk kendaraan baru dari Pulau Jawa.

Area parkir tersebut merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan dan tak teraturnya parkir kendaraan di badan jalan sepanjang pelabuhan. Rencananya, area parkir akan dibangun seluas 1 Ha dengan gedung parkir berkapasitas 4.000 unit kendaraan.

“Sementara ini belum ada rencana tambahan. Rencana pembangunan masih sama dengan yang sudah dibuat. Kalau untuk dana reklamasi, masih akan kami cek kembali ke pusat,” lanjut Subiyan.

Perluasan tersebut digadang-gadang dapat menambah pendapatan Pelindo IV Cabang Balikpapan setelah bongkar muat peti kemas di pelabuhan tersebut dipindah ke Terminal Peti Kemas Kariangau. Untuk 2015, target pendapatan Pelindo di Balikpapan dipatok senilai Rp355 miliar dengan laba Rp244 miliar.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here