Pembangunan Fasilitas di Sisi Darat Pelabuhan Kapulit Mamboro Perlu 30 Miliar

0
289
Nampak sebuah kapal barang sedang melakukan aktivitas bongkar muar di dermaga peti kemas Pelabuhan Tenau, Kupang, Senin (15/9/2014)  Pos Kupang / Dion Kota
Nampak sebuah kapal barang sedang melakukan aktivitas bongkar muar di dermaga peti kemas Pelabuhan Tenau, Kupang, Senin (15/9/2014)
Pos Kupang / Dion Kota

Waikabubak – (suaracargo.com)

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Tengah, Ir. Umbu Umbu Tonga, mengatakan, saat ini pembangunan dermaga Pelabuhan Kapulit berkapasitas 10.000 ton di Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah, sudah selesai.

Sedangkan pembangunan di sisi darat, seperti perkantoran, terminal dan sebagainya, masih belum terlaksana. Sesuai perencanaan, anggaran pembangunan sisi darat Pelabuhan Kapulit membutuhkan dana sekitar Rp 30 miliar. Pembangunan sisi darat menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah secara bertahap sedang mengalokasikan anggaran untuk pembangunan perkantoran dan kelengkapan lain untuk kelayakan pemanfaatan Pelabuhan Kapulit. Saat ini, anggaran sebesar Rp 360 juta yang dibutuhkan untuk pembangunan itu sedang diupayakan agar bisa diakomodir dalam APBD murni tahun anggaran 2015. Dana tersebut akan digunakan pula untuk pembebasan lahan seluas 15 hektar (ha). Sebenarnya secara teknis masyarakat sudah menyerahkan lahan seluas 15 ha untuk kepentingan pembangunan pelabuhan.

“Sebagai wujud ungkapan terima kasih, pemerintah menyerahkan uang sirih pinang. Namun berdasarkan peraturan perundangan berlaku proses transaksi jual beli harus terlaksana, selain uang sirih pinang itu. Untuk itu pemerintah kembali mengalokasikan dana untuk pembebasan lahan itu. Mudah-mudahan tahun ini terlaksana,” ujar Umbu Tonga di ruang kerjanya, Kamis (22/1/2015), sebagaimana dilansir kupang.tribunnews.com.

Didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas, Rudy D Sobang, Umbu Tonga menambahkan, sesuai rencana, bulan Juli 2015 mendatang, Pelabuhan Kapulit Mamboro sudah dapat disinggahi kapal perintis. Pihaknya, kata Umbu Tonga, berharap pembangunan sisi darat bisa dilaksanakan. Ia menambahkan, selain memanfaatkan dana APBD untuk pembangunan perkantoran Pelabuhan Kapulit, juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk membantu dana.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY