Pembangunan Infrastruktur Bisa Tekan Inflasi

0
205
ilustrasi perbaikan jalan (Antara / liputan6.com)

Bandar Lampung – (suaracargo.com)

Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar melakukan berbagai pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Salah satu  jenis pembangunan infrastruktur tersebut adalah jalan tol dan lintas provinsi yang berfungsi meningkatkan mobilitas orang dan barang.

Pembangunan infrastruktur dapat menekan inflasi di Indonesia, yang utamanya diakibatkan karena harga bahan pangan. Infrastruktur yang baik dapat menyebabkan arus distribusi pangan dari sentra produksi ke daerah lainnya menjadi lancar.

“Inflasi di Indonesia ini faktor yang banyak menentukan adalah harga-harga pangan. Harga-harga pangan kenapa naik, faktor yang banyak menentukan adalah kurangnya produksi dan jeleknya distribusi,” jelas Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara, saat mengunjungi proyek pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Seksi 2 (Sidomulyo-Kota Baru) di Desa Sabahbalau, Lampung Selatan, Jumat (29/7/2016). Proyek ini digarap oleh PT Waskita Karya Tbk.

banner-csm-atas
Kurang baiknya sistem distribusi pangan di Indonesia, salah satunya disebabkan oleh infrastruktur jalan yang kurang memadai. Sehingga seringkali pengiriman bahan pangan dari sentra produksi ke daerah lainnya membutuhkan waktu yang lama.

“Jeleknya distribusi banyak sekali ditentukan oleh kurangnya infrastruktur. Jadi kenapa kami rombongan Bank Indonesia di Sumatera berkunjung ke proyek Tol Trans Sumatera, karena kami ingin melihat pembangunan infrastruktur strategis,” kata Mirza, seperti dilansir detik.com

Dengan meratanya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, maka besaran inflasi dapat ditekan serendah mungkin. Selain itu, penurunan suku bunga juga akan terjadi akibat dari rendahnya inflasi yang terjadi.

“Karena dengan berhasilnya dilaksanakannya infrastruktur strategis termasuk jalan tol diharapkan usaha kita untuk menurunkan inflasi secara permanen itu bisa tercapai, bisa terwujud. Kemudian pasti nanti akan berdampak kepada penurunan suku bunga secara rendah, secara permanen,” papar Mirza.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY