Pembangunan Infrastruktur Tahun Ini Belum Mampu Turunkan Biaya Logistik

0
321
ilustrasi pembangunan infrastruktur (koran-sindo.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur transportasi tahun ini dinilai belum begitu berdampak terhadap penurunan biaya logistik. Chairman Supply Chain Indonesia Setijadi mengatakan, kondisi itu disebabkan setidaknya oleh tiga hal.

Pertama, proses pembangunan infrastruktur hingga mulai pengoperasiannya membutuhkan waktu cukup lama, sehingga dampaknya tidak bisa langsung dirasakan . Kedua, dampak beberapa pembangunan infrastruktur tertentu bisa dirasakan setelah pembangunan infrastruktur lainnya selesai.

”Misalnya, dampak pembangunan suatu pelabuhan terhadap penurunan biaya logistik baru bisa dirasakan antara lain setelah jalan akses tersedia,” kata Setijadi kepada Investor Daily dan dilansir beritasatu.com, hari Jumat (18/12).

Selain itu, meski pembangunan infrastruktur telah mulai dilakukan secara cepat, namun ada beberapa pembangunan infrastruktur masih dilakukan secara parsial dan belum dilakukan secara sistemik mengikuti konsep atau strategi besar yang ditetapkan.

Setijadi menuturkan, kendala pembangunan infrastruktur tahun ini terutama dua hal. Pertama, masalah penyerapan anggaran yang rendah secara umum di semua kementerian pada tahun 2015. Rendahnya penyerapan ini termasuk kementerian pada yang notabene penerima anggaran belanja modal. Kedua, masalah pembebasan lahan yang merupakan masalah klasik pembangunan infrastruktur, terutama jalan.

Penyerapan anggaran yang rendah, lanjut dia, bisa terjadi karena persoalan pada tahap perencanaan dan implementasi, baik berkaitan dengan substansi maupun prosesnya. Perbaikan antara lain perlu dilakukan dalam proses dan realisasi rencana pembangunan infrastruktur.

“Berkaitan dengan pembebasan lahan, diperlukan terobosan dan pendekatan yang baru dan lebih efektif. Selain itu, koordinasi antarlembaga dan kementerian juga perlu ditingkatkan,” papar Setijadi

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here