Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung Tahap 1 Akan Dioperasikan Dubai Port

0
220
ilustrasi Pelabuhan (medan.tribunnews.com)

Denpasar – (suaracargo.com)

Pelabuhan Kuala Tanjung Tahap 1 direncanakan akan dioperasikan oleh Dubai Port pada Januari 2018, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. “Tahap 1 itu operatornya oleh Dubai Port,” kata Budi usai pembukaan Asia Europe Meeting Transport Ministers Meeting (ASEM TMM) di Denpasar, Selasa (26/9).

Dia menjelaskan konstruksi Tahap 1 dilakukan oleh Pelindo I dan untuk Tahap 2 dilakukan oleh Port of Rotterdam.
Saat ini konstruksi Tahap 1 sudah mencapai 85 persen dan saat ini tengah melengkapi 15 persen.

“Tahap 2 ini besar sekali biayanya, oleh karenanya kita buuat sudatu studi kelaikan yang dimasukkan dalam buku agar swasta, kalau pemerintah sudah memberikan green light, swasta juga memberikan dukungan,” katanya.

Untuk itu, dalam pertemuan ASEM-TMM ini, Budi ingin menawarkan proyek Pelabuhan Kuala Tanjung Tahap 2 kepada investor asing, yaitu negara-negara di Eropa dan Asia.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo menjelaskan tim dari Inggris juga sudah mulai melirik untuk kolaborasi terkait pandu di Selat Malaka. Hal itu dinilai bisa mendatangkan kapal-kapal ke Pelabuhan Kuala Tanjung.

“Dari shipping lines (perusahaan kapal) dapat pasar tertentu , koneksi tertentu juga akan mencari mitra untuk pembangunan Kuala Tanjung tahap 2,” katanya, seperti dilansir republika.co.id.

Sugihardjo mengatakan terdapat dua keuntungan, pertama potensi investasi keberlanjutan pembangunan Kuala Tanjung, kedua meramaikan lalu lintas di Selat Malaka yang berujung ke Kuala Tanjung. Selain itu, lanjut dia, akan dipertimbangkan juga pemberian insentif terhadap pembangunan pabrik di wilayah Kuala Tanjung.

“Pertama kali yang kita pikirkan kalau ada insentif tertentu yang baik, kerja sama untuk bangun pabrik. Katakanlah Asia Tenggara sudah terpusat di sini,” katanya.

Sumber : Antara

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here