Pembangunan Pelabuhan Makassar di Percepat Agar Rampung Oktober 2018

0
34
SUARACARGO.COM, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) memastikan pembangunan tahap IA Pelabuhan Makassar New Port bakal rampung pada Oktober 2018, lebih cepat dari jadwal semula, yaitu Desember 2018. Dalam rencana Pelindo IV, Makassar New Port akan langsung terhubung jalan tol dan jalur kereta Trans Sulawesi.
Corporate Secretary Pelindo IV Iwan Sjarifuddin mengatakan pembangunan tahap IA Makassar New Port berlangsung lebih cepat dari jadwal karena fabrikasi beton pracetak dilakukan di lokasi pembangunan. “Di tahap ini, kami akan memperpanjang dermaga menjadi 1.000 meter,” ungkapnya, Senin, 2 Juli 2018.
Iwan menambahkan, Pelindo IV juga sudah memesan peralatan yang akan ditempatkan di Makassar New Port. Rencananya, Makassar New Port akan menjadi terminal peti kemas terbesar di Indonesia Timur dengan kapasitas pada tahap pertama mencapai 1,5 juta twenty foot equivalent unit (TEUs).
Tahap IA Makassar New Port sudah dibangun sejak Juni 2015 dan pada Mei 2018 progresnya telah mencapai 77,37 persen. Pembangunan paket IA Makassar New Port mencakup reklamasi untuk dermaga, jalan akses, dan lapangan penumpukan peti kemas. Pelindo IV menggelontorkan investasi di paket IA sebanyak Rp 3,26 triliun.
Iwan menyebutkan, pendanaan untuk pembangunan Makassar New Port sebagian berasal dari dana obligasi. Total obligasi yang diterbitkan Pelindo IV mencapai Rp 3 triliun dan sebanyak 35 persen atau Rp 1,05 triliun dari jumlah tersebut digunakan untuk membiayai proyek ini.
Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here