Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto Molor, Bupati Kecewa

0
168

Kulonprogo – (suaracargo.com)

Belum tampak adanya tanda-tanda kelanjutan pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto. Kemandegan itu membuat Bupati Kulonprogo dr Hasto Wardoyo merasa kecewa. Agenda yang telah dijanjikan oleh pemerintah pusat sejak lama ternyata selalu molor hingga kini. Sementara itu, untuk pembangunan bandara baru di Temon, bupati berharap akhir Maret 2015 sudah ada negosiasi pembebasan tanah.

“Saya merasa ‘gelo'(kecewa-Red.) sekali dengan jadwal pembangunan Pelabuhan di Karangwuni. Padahal pak menteri sudah datang meninjau lokasi secara langsung dan waktu itu menjanjikan penyelesaiannya tahun 2014 kemarin, ternyata sampai sekarang tidak jadi. Kalau tajun ini pelabuhan belum juga bisa difungsikan ‘ya kebangeten’,” kata bupati, sebagaimana dilansir krjogja.com.

Dijelaskan pula oleh Bupati, agar bisa memfungsikan pelabuhan tersebut untuk sementara, hal yagn perlu dilakukan hanyalah pengerukan alur masuk pada muara Sungai Serang. “Beberapa waktu lalu saya ke Jakarta menemui bu Menteri Kelautan, saya menyampaikan mohon agar pelabuhan di Kulonprogo diupayakan untuk segera difungsikan. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ke pemerintah pusat mendapat tanggapan secepatnya,” harap dr Hasto.

Dengan dikeruknya alur masuk tersebut, kapal nelayan 10 grosston diharapkan dapat segera dapat masuk ke kolam penyandaran kapal. Kulonprogo sendiri saat ini sudah memiliki beberapa kapal penangkap ikan di atas 10 grosston. “Sumber daya manusia sudah disiapkan dan mereka telah berikan pelatihan,” ujarnya.

Dengan dibukanya Pelabuhan Tanjung Adikarto, kapal nelayan besar diharapkan bisa masuk ke pelabuhan, sehingga bisa memberikan peningkatan dinamika ekonomi bagi masyarakat.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY