Pembangunan Tahap Pertama Pelabuhan Kuala Tanjung Sudah 70 Persen

0
618
ilustrasi Pelabuhan (medan.tribunnews.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) terus mempercepat pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Internasional sebagaimana yang diharapkan pemerintah. Perkembangan fisik pengembangan pelabuhan yang dilakukan pun kian hari kian positif hasilnya.

“Saat ini progres pembangunan Terminal Multipurpose Pelabuhan Kuala Tanjung tahap I sudah mencapai 70% dan Pelindo I akan berupaya keras agar pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung ini dapat selesai tepat waktu,” jelas Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana dalam keterangan tertulis, Rabu (1/2/2017).

Ia menjelaskan, pelabuhan Kuala Tanjung akan dikembangkan dalam 4 tahap. Tahap I Pengembangan Terminal Multipurpose Kuala Tanjung (2015-2017), tahap II Pengembangan Kawasan Industri 3.000 Ha (2016-2018), tahap III Pengembangan Dedicated/Hub Port (2017-2019) dan Tahap IV pengembangan kawasan industri terintegrasi (2021-2023).

“Mengembangkan Kuala Tanjung merupakan kunci untuk mengembangkan sektor logistik Indonesia,” sambung dia, seperti dilansir detik.com.

Letak wilayah kerja Pelindo I tersebut strategis karena berhadapan langsung dengan Selat Malaka yang juga merupakan alur terpadat di dunia. Kondisi geografis tersebut merupakan potensi dan peluang yang harus bisa dikembangkan. “Saat ini program pembangunannya juga didukung penuh oleh segenap lapisan Stakeholder, termasuk Pemerintah Daerah dan masyarakat,” jelas Bambang.

Diharapkan nantinya, Pelabuhan Kuala Tanjung mampu untuk melayani peningkatan demand pada muatan general cargo dan juga peti kemas serta adanya fleksibilitas terhadap pelayanan muatan dan juga peningkatan troughput, dan mampu memberi nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi sehingga daerah hinterland-nya berkembang lebih pesat lagi dan menjadi salah satu penopang arus investasi yang datang ke negara lain.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here