Pemerintah Kucurkan Dana 25 Milyar Untuk Bangun Pelabuhan di Bintan

0
364
ilustrasi kapal roro (tribunnews.com)
ilustrasi kapal roro (tribunnews.com)

Bintan – (suaracargo.com)

Pemerintah pusat akan membangun Pelabuhan Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) di Kecamatan Tambelan, Bintan. Pelabuhan ini akan menghabiskan investasi sekitar Rp 25 miliar. Investasi tersebut akan diambil dari APBN pada 2015. Pengerjaan pelabuhan akan dimulai akhir tahun 2015 ini.

“Kita sudah susun RPJM untuk pembangunan ASDP di Kecamatan Tambelan. Ini semua kita laksanakan atas permintaan Kementrian Perhubungan (Kemenhub),” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Yandrisah kepada Tribun, Minggu (8/3/2015)

Pelabuhan ASDP di Kecamatan Tambelan ini dibangun sebagai fasilitas penghubung ke Provinsi Kalimantan. Nantinya, di pelabuhan ini akan tersedia Kapal Roll On Roll Off (Roro) yang berfungsi sebagai kapal penyeberangan untuk mengangkut berbagai muatan seperti kebutuhan pokok, kendaraan dan lain-lain.

Pembangunan pelabuhan ASDP ini diharapkan memiliki dampak positf pada peningkatan perekonomian, pembangunan dan kesejahteraan di kecamatan yang memiliki 7 desa satu kelurahan dan 64 pulau yang belum dihuni.

Pembangunan pelabuhan di Tambelan akan dilaksanakan dalam dua tahapan. Pemmbangunan tahap pertama, yang akan dilaksanakan tahun 2015 ini, dianggarkan sebesar Rp 25 miliar dan tahap kedua yang akan dilaksanakan 2016 mendatang, dengan kucuran dana sebesar Rp 9 miliar. Sehingga, untuk merampungkan pelabuhan ASDP ini hingga beroperasi, biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 34 miliar.

Agar pembangunan ini bisa dilaksanakan secepat mungkin, lanjut Yandiansyah, pihaknya telah diminta menyelesaikan segala urusan lahan dan lainnya. Sehingga, saat pengerjaannya dilangsungkan, tidak ada permasalahan apapun yang menghambat.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here