Pemerintah Usahakan Pelabuhan Sorong Dibangun Tahun Depan

0
375
ilustrasi galangan kapal (news.ralali.com)
ilustrasi galangan kapal (news.ralali.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Sorong merupakan lokasi salah satu dari lima pelabuhan laut dalam (deep sea port) yang merupakan bagian dari program tol laut, sebuah proyek besar di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) – Jusuf Kalla. Tidak seperti empat pelabuhan laut dalam lain yang sudah mulai dilengkapi, proses deep sea port Sorong saat ini masih dalam tahap pra-feasibility study. Pemerintah akan mengupayakan pelabuhan strategis itu mulai groundbreaking tahun depan.

“Saya upayakan (tahun depan), ini kan harus dijual ke investor, mungkin yang tertarik itu dari Tiongkok,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo di kompleks Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/2).

Di Sorong akan dibangun paket tak hanya pelabuhan namun juga lokasi galangan kapal dan pembangkit tenaga listrik sehingga kapal yang keluar masuk bisa makin memiliki nilai tambah dalam pemanfaatannya. Proses feasibility study sendiri kini tengah dikaji Badan Pembangunan Nasional. Anggaran pra-feasibility study sendiri sudah ada di Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015.

“Sorong memang saya sudah sampaikan agak belakangan dari empat lainnya,” kata Indroyono, sebagaimana dilansir beritasatu.com.

Sementara itu, empat pelabuhan laut dalam lainnya yang kini sedang dibangun, adalah Kuala Tanjung, Tanjung Priok, Tanjung Perak dan Makassar. Untuk Pelabuhan Kuala Tanjung, pembangunanya tengah mulai digiatkan pemerintah bekerja sama dengan Belanda, negara yang membangun Port Rotterdam, pelabuhan terbesar di Eropa. “Jadi kita bersama mereka mendesain, merancang pembangunan Kuala Tanjung,” tambahnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here