Pemerintah Buka Peluang Investasi Bagi Swasta di Sektor Transportasi

0
408
ilustrasi pelabuhan (Foto: Rachman Haryanto/detik.com)

Jakarta – (suaracargo.com)

Pemerintah terus membuka pintu peluang investasi bagi swasta, termasuk sektor transportasi. Kementerian Perhubungan sebagai salah satu pihak yang berwenang kini tengah menyiapkan mana-mana saja proyek yang akan ditawarkan kepada pihak swasta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya saat ini tengah memetakan bandara, pelabuhan dan perkeretaapian yang bisa ditawarkan kepada investor.

“Kami sudah petakan kalau bandara itu paling tidak ada 5 bandara, kalau pelabuhan ada 20, kalau kereta api ada 4-5 tempat yang kami lakukan pemetaannya,” tuturnya di Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Budi mengatakan hasil pemetaan tersebut sudah diberikan kepada lembaga pembiayaan BUMN agar kembali menawarkan kepada pihak swasta.

“Sudah kami berikan ke tim Danareksa, PT SMI untuk memberikan suatu koneksitas antara pihak swasta dengan kami sebagai pengelola, sehingga bisa dilakukan,” imbuhnya, seperti dilansir detik.com.

Budi mencontohkan, salah satu hal yang telah dilakukan adalah mengundang investor mengembangkan Bandara Kualanamu dengan menjual saham Angkasa Pura di bandara tersebut.

Selain dana yang dibutuhkan untuk pengembangan bandara, masuknya investor juga bisa menciptakan iklim investasi di wilayah tersebut.

“Di satu sisi seolah kami lepas saham bandara tapi di satu sisi kami berikan interest pada investor supaya dia menciptakan iklim investasi,” pungkasnya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here