Pemerintah Pusat Kucurkan Dana 6 Miliar Untuk Pelabuhan Tanjung Batu

0
338
DPRD Belitung ketika berkunjung ke Dermaga Pelabuhan Tanjung Batu, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Kamis (29/10/2015). Pos Belitung/Disa Aryandi

Tanjungpandan – (suaracargo.com)

Pemerintah pusat menggelontorkan dana Rp 6 miliar dari APBN 2016 untuk perbaikan Dermaga Pelabuhan Tanjung Batu, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

Dana sebesar itu rencananya akan digunakan untuk memperbaiki dermaga yang saat ini digunakan sandar sejumlah tongkang pengangkut pasir milik pengusaha Belitung.

“Itu dana pusat, kita dapat gelontoran Rp 6 miliar untuk perbaikan. Jika sudah dikucurkan, dermaga langsung diperbaiki nanti. Dana itu dari APBN tahun ini,” kata Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) kepada Pos Belitung, Rabu (5/10).

posko-garut

Menurut Sanem, Pelabuhan Tanjung Batu dengan kawasan darat seluas enam hektare itu, rencananya akan dilakukan pengembangan.
Rencananya, di wilayah itu akan dibangun pelabuhan khusus (Pelsus), yang letaknya tidak jauh dari dermaga pelabuhan umum yang saat ini, namun masih dalam satu kawasan Pelabuhan Tanjung Batu.

“Itu ada khusus untuk galian tambang, jadi tidak disamakan dengan pelabuhan sekarang. Sekarang ini kondisinya hanya sementara saja. Masih menunggu BUP (Badan Usaha Pelabuhan) yang sekarang stagnan (tidak jalan),” kata Sanem.
Kata sanem, jika BUP sudah operasional, maka pemerintah pusat tidak diperkenankan untuk mengucurkan anggaran untuk pengembangan pelabuhan tersebut.

“Cuma kemarin ada masalah BUP itu saja, dan kami juga masih berharap kucuran dana pusat. Soalnya jika kita aktifkan BUP sekarang, dana pusat tidak lagi mengucur,” katanya, seperti dilansir Pos Belitung.

Setelah dana pusat cair, Sanem mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengaktifkan kembali BUP tersebut, dan merekrut perangkat BUP kembali.

“Minggu-minggu ini kalau tidak ada halangan, kita akan menyelesaikan perekrutan direkturnya. Jadi BUP itu segera terselesaikan,” katanya.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here