Pemerintah Targetkan Distribusi Bahan Pokok Dengan Kereta Api

0
389
Rangkaian Kereta Barang - tribunnews.com
Rangkaian Kereta Barang – tribunnews.com

Surabaya – (suaracargo.com)

Pemerintah menargetkan, nantinya distribusi bahan kebutuhan pokok akan menggunakan kereta api. Tahun depan, kata Menteri Perdagangan Rachmad Gobel, proyek ini sudah harus bisa berjalan.

Gobel juga mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan Menteri Perhubungan. Nantinya akan dibahas secara lebih detail, bagaimana memanfaatkan jalur kereta api, agar distribusi bahan pokok lebih cepat dan lebih hemat.

“Kerjasama sudah kami bicarakan dengan Menteri PU, tapi tentunya harus didukung fasilitas-fasilitas seperti gudang penyimpanan,” katanya seperti dikutip Antara dan dilansir suarasurabaya.net.

Biaya distribusi bahan pokok saat ini masih besar, berkisar antara 17 hingga 20 persen. Apalagi kalau jalan macet atau ada jembatan yang rusak, biayanya pasti akan bertambah.

Di daftar Logistics Performance Index 2014 dari Bank Dunia, Indonesia ada di peringkat 53. Biaya logistik di negeri ini termasuk yang termahal di kawasan ASEAN, antara 25 sampai 30 persen produk domestik bruto (PDB). Singapura saja ada di posisi kelima dunia. Malaysia di peringkat 25, Thailand 35 dan Vietnam 48.

Don't be shellfish...Tweet about this on TwitterShare on Google+Share on FacebookPin on PinterestShare on LinkedInEmail this to someone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here